PSC CIREBON - Jajaran Polresta Cirebon menggandeng Korda IJTI Cirebon Raya untuk mendirikan Posko Peduli Cianjur. Pendirian posko tersebut sebagai bentuk aksi solidaritas untuk membantu warga terdampak becana gempa di Cianjur.

Posko yang berada di depan Mapolresta Cirebon tersebut diresmikan langsung oleh Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, didampingi Ketua Korda IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman, dan jajaran PJU Polresta Cirebon.

Dalam peresmian tersebut diawali pemberian donasi dari para personel Polresta Cirebon yang menyisihkan sebagian rezekinya ke Posko Peduli Cianjur. Bahkan, tidak hanya uang, sejumlah personel juga memberikan bantuan berupa popok bayi.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, posko tersebut menerima donasi dalam bentuk apapun untuk disalurkan kepada warga terdampak gempa di Cianjur. Sehingga tidak hanya menerima bantuan uang tunai, tetapi termasuk barang, makanan, dan lainnya.

"Posko yang diinisiasi oleh Polresta Cirebon dan IJTI ini untuk menghimpun kepedulian masyarakat dalam membantu saudara-saudara kita di Cianjur. Namun, pada dasarnya ini menjadi gerakan bersama masyarakat Kabupaten Cirebon," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. 

Karenanya, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya personel Polresta Cirebon, untuk bersama-sama membantu masyarakat Cianjur. Nantinya, donasi yang terkumpul disalurkan melalui Polres Cianjur.

Ia mengatakan, jajarannya bakal terus berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk mencari tahu bantuan yang paling dibutuhkan masyarakat. Sehingga uang yang dihimpun posko tersebut akan dibelikan barang yang sesuai kebutuhan warga Cianjur.

"Rencananya, untuk tahap awal bantuan yang terkumpul di posko ini akan dikirimkan ke Cianjur pada hari Jumat nanti. Saat ini, sejumlah elemen masyarakat akan menyerahkan bantuan selimut, obat-obatan, dan lainnya ke Posko Peduli Cianjur," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Sementara itu, Ketua Korda IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman, mengatakan, Posko Peduli Cianjur didirikan untuk masyarakat Kabupaten Cirebon yang ingin berkontribusi dalam membantu para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

"Aksi ini dilakukan untuk meringankan beban para korban gempa yang terjadi di Cianjur. Sehingga dari bantuan yang terkumpul di Posko Peduli Cianjur diharapkan dapat membantu para korban bencana. Kami hanya bisa mencarikan donatur untuk disalurkan ke warga Cianjur," kata Faizal Nurathman.

Selain itu, posko tersebut juga bakal melibatkan sejumlah kalangan untuk turut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan. Seperti halnya Cheppi OI dan Diana Sastra yang bakal menggelar Ngamen Bareng di Posko Peduli Cianjur Polresta Cirebon - IJTI Cirebon Raya.

"Posko ini dikhususkan untuk masyarakat Cirebon yang ingin berpartisipasi membantu korban bencana gempa bumi di Cianjur, apapun bentuknya akan kami terima. Insyaallah, bantuannya disalurkan secara berkala setelah terkumpul cukup banyak," ujar Faizal Nurathman.(Moh.Rifai)