PSC MAJALENGKA - Menindaklanjuti pemberitaan edisi sebelumnya yang terbit di beberapa media membahas terkait pemasangan Spanduk APBDes desa Girimukti, kecamatan Kasokandel, kabupaten Majalengka, Jawa Barat di tahun 2022 dengan keterangan global saja tanpa ada keterangan perincian secara jelas, dilanjut Kades Girimukti minta maaf dan siap jawab konfirmasi melalui surat tertulis atau email dalam jangka waktu paling lama seminggu dilanjut dengan pemberitaan Di Kantor Desa tidak ada daftar penerima BLT DD, Pemdes Girimukti diduga menyembunyikan permasalahan dan akhirnya melalui chatting WhatsApp Pemdes Girimukti mengirimkan daftar penerima BLT DD tertanggal 01 Agustus 2022.

Dan kini awak media mendapatkan informasi lanjutan terkait dugaan permasalahan yang ada di Pemdes Girimukti, yakni saat ditanya soal pagu anggaran dan Volume pekerjaan Hotmix jalan, Kades Girimukti seperti tidak terima dan akhirnya marah marah.

Awal permasalahan ini terkuak saat beberapa Awak Media Online melakukan Investigasi terkait pembangunan Penghotmikan Jalan Gang yang ada di Desa Girimukti 

Akan tetapi, setelah tim awak media  melakukan investigasi ke lokasi pembangunan hotmix jalan blok kemuningsari Desa Girimukti, tepatnya pada Hari Minggu tanggal 10/07/22, tim awak media tidak menemukan papan informasi kegiatan dari pembangunan tersebut. 

"Saat pelaksanaan proyek hotmik blok Kamuningsari, kami tidak tau berapa dan darimana anggaran untuk pekerjaan hotmik tersebut, karena sekarang dilokasi Papan proyek tidak ada, namun seingat kami saat pelaksanaan pekerjaan papan proyek pernah dipasang namun cuma saat pelaksanaan saja dan setelah pekerjaan selesai papan proyek langsung diambil kembali" jelas beberapa sumber saat diwawancarai oleh awak media.

Namun, setelah naik pemberitaan awal perihal Pemdes Girimukti Pasang Spanduk APBdes Tidak Lengkap, Kepala Desa Girimukti terindikasi tidak terima dengan pemberitaan tersebut dan bahkan mengucapkan kata kata yang tidak pantas diucapkan oleh Kepala Desa yang Nota Bene sebagai Publik Figur di tengah Masyarakat.

Oleh sebab itu dengan adanya hal demikian, Kepala Desa Girimukti didampingi sejumlah Perangkat (Pamong Desa) mengundang sejumlah Awak Media untuk memberikan hak jawab atau klarifikasinya terkait pemberitaan tersebut, yang sebelumnya kesepakatan bertempat di kantor desa Girimukti, namun dikarenakan untuk menghindari kesalahpahaman awak media mengajukan tempat di Aula Kecamatan Kasokandel. (Jumat, 22/07/22).

Sementara saat dikonfirmasi awak media mengenai papan informasi kegiatan, dan Pagu Anggaran beserta volume kegiatan Penghotmixan Jalan Gang, Kepala Desa yang disertai Bendahara Desa menjawab dengan nada keras (Geram).

Awak media bertanya, apakah ada papan proyek yang terpampang disitu berapa biaya hotmix tersebut, terus volumenya seperti apa? adapun Thania WN selaku Kaur Keuangan menambahkan, "Hari ini tidak bisa menjelaskan, bisa di komunikasikan kemudian hari" jelas Thania.

Lanjut sang kades menjawab, "Saya boleh menjawab atau tidak pa, ini hak saya jangan menekan dan mengintimidasi. Silahkan klarifikasi, karena manusia ada kemampuan dan ada kehilafan".Kata Kades sembari nada geram. 

Sementara itu, Bendahara/Kaur Keuangan Desa Girimukti menjelaskan bahwa, "papan informasi kegiatan itu sudah dipasang dan sudah jelas berapa volumenya, berapa anggarannya gitu, kalau misalkan anggarannya kurang jelas, saya juga tidak bisa memberikannya sembarangan RAB nya keluar karena itu dapurnya" ucapnya.

Kemudian, tim awak media kembali bertanya kepada Bendahara Desa, dengan menanyakan "Kami tidak menanyakan RAB, justru kami menanyakan pagu anggaran dan volumenya berapa yang tertera di papan informasi kegiatan, sebab dikarenakan sewaktu kami investigasi ke lapangan tidak adanya papan informasi kegiatan tersebut". Tetapi, tiba-tiba Kepala Desa Girimukti makin geram dan tambah naik pitam, menjawab dengan nada keras. 

"Tadi saya bilang, jangan intimidasi anak buah saya, ini kewenangan saya sebagai hak progreatif saya, kewenangan saya sebagai Kepala Desa, manusia itu sifatnya lupa, ini mau musyawarah atau mempertanyakan, kalau dia (Bendahara Desa) mampunyai segini jangan ditekan ngasih keterangan segini-gini, artinya kalau dia punya kesalahan nanti kita ngobrol disana legalitasnya inikan kecamatan, ayo ngobrol disana di Desa Girimukti,".ujar Kades Girimukti Maman sembari nada keras. 

Namun, perlu di garis bawahi, kami tim awak media dalam sesi wawancara tidak mengintimidasi Bendahara Desa, sifatnya hanya sesi wawancara tanya jawab seputar surat konfirmasi yang di kirim awak media kepada pemerintah Desa Girimukti Kecamatan Kasokandel.

Kamis 29/07/22 Thania W N selaku Kaur Keuangan menambahkan melalui chatting WhatsApp nomor 0813-2135-xxxx.

"Kami pemerintahan desa Girimukti selama ini terus berjalan beriringan dengan para tokoh masyarakat di Girimukti dan Insyaallah, kami pemerintahan Desa Girimukti berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan sesuai aturan dan RAB yang berlaku. Anggaran pekerjaan Hotmik jalan blok Kamuningsari sebesar 216.110.000 dari Program Dana Desa," jawaban sesuai chatting WhatsApp.

Membahas tentang keterbukaan informasi, hal ini tentu saja sangatlah penting dilakukan bagi pemerintahan desa atau siapapun yang melaksanakan kegiatan yang anggarannya berasal dari pemerintah. Karena kalau sudah jelas terbuka seperti ini otomatis dengan sendirinya, tidak akan ada rasa kecurigaan khususnya bagi Masyarakat, ataupun pihak lain, seperti LSM , Ormas ataupun pihak Jurnalis. Dan pihak desapun tidak perlu repot repot menjelaskan setiap kali ada tamu yang berkunjung untuk minta inpormasi tentang pelaksanaan DD/Infrastuktur dan juga Anggaran lainnya.

Penulis : Aceng NR