PSC Majalengka - Puluhan warga Desa, Karangtaruna beserta Aparatur Pemerintah Desa Gunungsari Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka didampingi LPKSM Al-Jabbar DPC Majalengka, mendatangi PT.Lee Yin Apparel International (PT.LYG), yang berada di Desa setempat.(Jumat, 19/11/2021).

Kedatangan mereka, menuntut terkait limbah yang sudah di pinta sebelumnya, agar segera membuat nota kesepahaman (MoU) antara Pemdes Gunungsari dan Pihak perusahaan, mengenai pengelolaan limbah untuk dikelola oleh Lembaga Desa.

Awalnya, massa berorasi tepat di depan perusahaan dan cukup berjalan alot, kemudian akhirnya perusahaan membolehkan massa masuk dan meminta perwakilan beberapa saja untuk mediasi dengan pihak perusahaan yang diterima baik oleh Bapak Ali dan Bapak Agus sebagai perwakilan dari Pihak Management Perusahaan.

"Kami berdua dengan pa agus di minta oleh perusahaan untuk meluruskan atau memfasilitasi apa yang jadi keinginan Masyarakat serta Pemerintah Desa Gunungsari dan saya hanya menjelaskan saja kebetulan juga di perusahaan ini saya baru, bahwasanya mengenai permasalahan limbah itu akan di selesaikan oleh Irma karena memang irma sebagai bagiannya dalam masalah limbah, yang nantinya di dampingi juga oleh pihak management perusahaan pada hari senin untuk di musyawarahkan". Ungkap Ali saat mediasi dengan pihak massa.

Lanjutnya Ali, silahkan pa ada berapa point permintaan yang akan di utarakan dan akan kami catat untuk di sampaikan kepada bagiannya.

Ditempat yang sama, Kades Nana Suryana Gunungsari menjelaskan apa saja permintaan dari pihak masyarakat dan pihak pemdes, ada beberapa point yang ia sampaikan kepada pihak perusahaan.

"Sebenarnya ada 5 poin yang kami sampaikan, tapi yang paling terpenting adalah Recruitment Tenaga kerja untuk di prioritaskan dari Desa Gunungsari sebagai pribumi karena PT.LYG ini berada di Desa Gunungsari, poin paling penting yang kedua mengenai pengelolaan limbah untuk di serahkan ke Pemerintahan Desa yang nantinya di pergunakan serta di alokasikan untuk masyarakat Desa Gunungsari, sementara untuk MoU akan saya pegang atas nama Pemerintahan Desa untuk pengondusifan dan nantinya akan ada beberapa Lembaga Desa yang akan saya libatkan agar berjalan sesuai program yakni kesejahteraan masyarakat". Bebernya.

"Alhamdulilah, setelah kita temui pihak managemen PT.LYG, bahwasanya ada kesalahpahaman dan kita tadi sudah ada kesepakatan bahwa hari senin nanti kita adakan musyawarah di Kantor Desa dengan pihak PT.LYG serta tokoh Masyarakat Desa Gunungsari terkait permasalahan antara pemerintahan desa dengan PT.LYG". Pungkasnya Kades Nana.

Sementara itu, Beben LKPSM Al-Jabbar DPC Majalengka yang mendampingi massa mengucapkan alhamdulilah, mediasi ini berjalan aman dan kondusif, serta mudah-mudahan nanti hari senin musyawarah di Kantor Desa mendapat titik temu antara pihak Desa dan Pihak Perusahaan, supaya permasalahan ini dan apa yang di inginkan oleh masyarakat Desa Gunungsari cepat selesai dan tidak berlarut-berlarut."Ucapnya.

Penulis: Hendarto