Desa Jatisawit Siap Menjadi Desa Mandiri Teknologi Informasi dan Komunikasi

PSC. Majalengka - Untuk pengembangan teknologi salah satu penunjangnya ialah Internet, karena dengan internet semua orang bisa mengakses pengetahuan yang ada di dunia ini. Apalagi era jaman sekarang ini internet erat kaitannya dengan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari, untuk itu program desa bebas buta internet hingga menjadi desa mandiri dalam hal Teknologi Informasi dan Komunikasi, sudah siap dilaksanakan oleh pihak pemerintahan desa Jatisawit, kecamatan Kasokandel, kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Programnya sangat baik karena bisa membantu masyarakatnya untuk mendapatkan layanan internet melalui jaringan WiFi dari kantor desa lalu kemudian dialirkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kebetulan letak tanah desa Jatisawit posisi dibawah dan dikelilingi perbukitan akibatnya masyarakat disini kesulitan untuk mengakses sinyal handphone apalagi Internet padahal letak wilayah kami dekat dengan tower BTS, maka pihak pemerintah desa Jatisawit bertekad untuk bisa membuktikan kemandirian desa dalam pengembangan teknologi untuk layanan kepada warganya dan Alhamdulillah sekarang kami bisa bernapas lega karena sudah mendapatkan solusinya. Kami mempersilahkan kepada desa lain yang mempunyai keluhan dalam hal sinyal Internet apabila ingin teratasi tinggal hubungi saja pihak desa Jatisawit" jelas kepala desa Jatisawit Adik Kriswanto.

Adik juga menambahkan, "Dalam menjalankan roda pemerintahan desa, saya dibantu oleh perangkat desa yaitu Iman Widarman sebagai Sekretaris Desa, Ihsan Syamsurizal,S.Kom Kaur Keuangan, Rizal Mohamad Fanhar, AP Kaur Umum, Haerul Usman HidayatI sebagai Kaur Perencanaan, Dedi Supriyatna sebagai Kasi Pemerintahan, Iwan Suwandi sebagai Kasi Pelayanan, Darma Hermawan sebagai Kasi Kesra, Yaya Daryasin sebagai Kadus 1, Ikna Mutakin sebagai Kadus 2 dan Amas sebagai Kadus 3. Juga tokoh masyarakat ketua LPM Otong Hasanudin dan ketua BPD Apip Setiawan" tambah Adik.

Ditambahkan pula oleh Dedi Supriyatna sebagai Kasi Pemerintahan yang merangkap selaku bidang ITE menjelaskan.

"Untuk memenuhi layanan jaringan internet, kami bekerjasama dengan PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) sebagai salah satu penyedia layanan kabel serat optik terbesar di Indonesia, Moratelindo memiliki posisi pasar yang amat kuat untuk memanfaatkan prospek pertumbuhan industri sarana & infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, dengan jumlah pengguna internet yang besar dan ruang untuk tumbuh yang masih terbuka lebar.

Kami telah membuktikan menjadi Desa Mandiri dalam hal teknologi Desa yang mampu membangun Infrastruktur teknologinya sendiri (internet) dan mengelola dengan baik maka desa, kami tidak lagi bergantung pada operator atau kebijakan yang dapat menghambat berkembangnya sebuah desa Desa.

Internet Mandiri, Internet untuk rakyat dan sekarang sudah kami buktikan masyarakat desa Jatisawit bisa mengakses internet bebas dari buta internet hanya dengan biaya murah meriah melalui jaringan WiFi dari kantor desa Jatisawit tidak perlu pakai biaya mahal dan khusus untuk masyarakat yang menggunakan pasilitas internet yang ada di kantor desa kami berikan Wi-Fi secara gratis, maka setiap malam banyak anak-anak yang main di kantor desa Jatisawit" tambah Dedi.

Penulis: Aceng - Hendarto.

Posting Komentar

0 Komentar