Desa Nunuk Baru, Majalengka Bertekad Angkat Potensi Tenun Gadod Menjadi Produk Unggulan

PSC. Majalengka - Wakil Bupati Majalengka H. Tarsono D. Mardiana dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bapak H. Iding Solehudin, S.Sos., M.P membuka acara gelar budaya Nyiramkeun Pusaka Karuhun Nunuk dan Milangkala ka-550 Taun Nunuk, yang diselenggarakan di Pelataran Kantor Kepala Desa Nunuk Baru, Kec. Maja. Kamis (23/9).

Dalam acara ini turut pula dimeriahkan Tari Tenun Gadod yang dibawakan oleh Sanggar Seni Sunda Rancage.

Lewat sambutannya Wakil Bupati Majalengka H. Tarsono D. Mardiana berharap kepada warga Nunuk Baru khususnya untuk bisa meningkatkan sumber daya yang ada agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan umumnya masyarakat kabupaten Majalengka untuk datang berkunjung ke desa Nunuk Baru.

"Terus tingkatkan, bangun tempat wisata dan sumberdaya lokal asli sini seperti tenun gadod cari model yang bisa diterima dipakai oleh masyarakat luas dan harus bisa di hak patenkan biar ada kekuatan hukum dan tidak bisa ditiru sama pihak lain dan Pemda tidak akan tinggal diam, akan terus membantu" jelas Tarsono.

Saat diwawancarai oleh awak media Nono Sutrisno selaku kepala desa Nunuk Baru menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Nunuk Baru menyiapkan seluruh rangkaian acara adat untuk memeriahkan dan menyambut hari jadi Nunuk ke-550 yang sudah menjadi tradisi. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat mempertahankan nilai serta melestarikan budaya yang ada di Desa Nunuk Baru.

Alhamdulillah warga sangat antusias dalam kegiatan ini terutama dalam kegiatan jajanan dan hasil bumi Desa Nunuk Baru yang sengaja disediakan dan dibagikan kepada warga yang hadir. Warga saling berebut untuk mendapatkan jajanan dan hasil bumi seperti buah, umbi-umbian, nasi tumpeng dan sayuran. 

Mengenai Tenun Gadod, sekarang ini kami sedang upaya untuk mengembangkan dengan cara mendidik pengrajin tenun biar lebih banyak dan ada pengrajin di tiap dusun juga menanam pohon kapas dengan lahan seluas satu hektar untuk nanti hasilnya kapas tersebut untuk bahan baku tenun gadod" jelas Nono.

Penulis: Hendarto - Aceng

Posting Komentar

0 Komentar