Pihak Kesbangpol Majalengka Diduga Bungkam Ditanya Terkait Aturan Organisasi Pers

PSC MAJALENGKA - Menindaklanjuti pemberitaan edisi sebelumnya yang membahas terkait keberadaan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia PWI kabupaten Majalengka yang diduga belum terdaftar di kantor Kesbangpol Majalengka, sedangkan organisasi yang lainnya seperti Aliansi Wartawan Indonesia AWI sudah terdaftar dengan bukti mengantongi SK yang berlaku sampai tahun 2025.

Menyikapi prihal tersebut, dengan maksud agar ada kejelasan dan keterangan bahwa yang tepat menurut aturan di negara republik Indonesia seperti apa.

Bahwasanya seluruh warga Indonesia harus turut dan patuh terhadap peraturan yang ada tanpa terkecuali walaupun insan pers atau wartawan ataupun organisasi pers sekalipin, karena semua Wartawan baik Media Cetak, Elektronik, Online, Radio, itu tidak kebal hukum, sehingga wartawan tidak bisa sesuka hati, seenak udel mengabaikan peraturan.

Untuk melengkapi informasi, awak media mendatangi dan mengirimkan surat Konfirmasi kepada Dr. H. Iman Pramudya Subagja, M.M. selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik juga untuk Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan pada hari Jum'at tertanggal 23 April 2021, Nomor: KFR-PWS-ll-63-2021, dengan maksud untuk meminta penjelasan terkait aturan tentang keberadaan Organisasi Pers yang ada di kabupaten Majalengka. Namun sampai berita ini dimunculkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Kesbangpol Majalengka.

Sehingga menjadi tanda tanya besar kenapa pihak Kesbangpol sampai saat ini belum memberikan jawaban, seharusnya pihak Kesbangpol sebagai pelayan public mampu menjelaskan tentang peraturan untuk keberadaan organisasi.

Padahal sudah jelas sewaktu awak media mendatangi kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Majalengka, dan bertemu langsung dengan Sudinta Rachmad Herdiana, S.Sos. Kepala Sub Bidang Organisasi Kemasyarakatan Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang lebih akrab disapa Aceng menjelaskan, dengan disaksikan beberapa rekan stafnya, 19 April 2021.

"Menurut aturan, setiap perkumpulan atau organisasi yang didalamnya terdapat pengurus seperti ketua, sekretaris dan bendahara itu diharuskan melaporkan diri atau mendaftarkan ke pihak Kesbangpol setempat. Kalau AWI sudah terdaftar dan ada Surat Keterangan Terdaftarnya (SKT) namun kalau PWI pihak kita baru melakukan persuasif dalam artian PWI belum mendaftarkan atau memberitahukan secara resmi tentang keberadaan organisasi PWI ke Kesbangpol kabupaten Majalengka" jelas Aceng dengan diiyakan beberapa rekan stafnya.

Aceng juga menambahkan "Seharusnya organisasi wartawan seperti PWI, AWI dan yang lainnya menurut aturan harus mendaftarkan atau memberitahukan keberadaan organisasinya di Kesbangpol setempat, karena disini wilayah kabupaten Majalengka ya berarti semua organisasi harus datang kesini. Namun untuk lebih jelasnya silahkan konsultasi saja langsung sama kepala Kesbangpol atau ibu Kabid" tambah Aceng.

Menyikapi keterangan dari Sudinta disapa Aceng, berarti sudah jelas tentang keberadaan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka yang diketahui berkantor alamat, No. 04, Jl. Gerakan Koperasi, Majalengka Wetan, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45411. Jelas jelas belum terdaftar di Kesbangpol Majalengka

Sedangkan keberadaan organisasi Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) yang berkantor di Jl. Paseureuhan, No 14 RT01 RW 06, Desa Sutawangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka yang diketuai Masduki Muchsin, S.E. jelas jelas taat dan patuh terhadap aturan.

PENULIS : HENDARTO

Posting Komentar

0 Komentar