Irigasi Lancar, 40 Hektar Sawah Desa Sagaranten Bisa Terairi


PSC. Kuningan
- Pasokan air bagi 40 hektar sawah di blok talang mengkol Desa Sagaranten Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan bakal mengalir lancar.

Petani yang kadang terkendala mampetnya saluran air bagi kebutuhan sawah garapannya akan segera teratasi, berkat dibangun-nya saluran irigasi oleh P3A Mitra Cai Bungawari Desa Sagaranten.

"Meski air tidak pernah kering. Namun, kalau saluranya tidak diperbaiki kadang dihulu saluran mampet. Sedangkan untuk melancarkan mampetnya air, warga saling andalkan karena katanya tempatnya angker. Maka kita bangunkan salurannya," terang Plt Kades Sagaranten Sanjum sambil tersenyum, Selasa (18/5).

Dikatakan Sanjum yang didampingi ketua Mitra Cai Bungawari Emen Rohani, pembangunan saluran irigasi Desa Sagaranten di biayai dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) BBWS Cimanuk Cisanggarung.  "Alhamdulillah, respon yang baik dari pemerintah melalui BBWS, kami dapat membangun saluran irigasi ini. Sehingga harapan akan lancarnya kebutuhan air bagi lahan pesawahan yang digarap warga dapat terwujud," syukurnya.

Saluran irigasi yang dibangun, lanjut Ia, sepanjang 588 meter dengan pagu 195 juta. "Sudah 70 persen pekerjaan saat ini, rencananya ada pemeriksaan dulu dari BBWS, setelah itu pekerjaan dilanjutkan sampai finishing," imbuhnya.

Dengan terealisasinya pembangunan saluran irigasi, Sanjum berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dibidang pertanian.

"Kami berharap perekonomian masyarakat dapat terdongkrak dan lebih mendorong masyarakat petani bersemangat dengan mudahnya pasokan air," harap Sanjum yang diamini Emen ketua mitra cai.

Ditambahkannya, target pembangunan bagi saluran irigasi yang ingin dicapai adalah sepanjang 1000 meter. "Kami berharap kegiatan ini berkesinambungan, karna ada 1000 meter lagi yang harus dibangun," ujarnya. (Baim)

Posting Komentar

0 Komentar