GMBI Distrik Majalengka Ajak Inspektorat Audiensi Dan Uji Materi Bahas Temuan Desa

PSC MAJALENGKA - Menyikapi temuan inspektorat tentang hasil pemeriksaan post audit pengelolaan keuangan desa (Dana Desa) Tahun 2020 yang dipublikan Inspektorat Kabupaten Majalengka sebanyak 1285 temuan, hal tersebut membuat GMBI Distrik Kabupaten Majalengka angkat bicara. Sebelumnya H. Agutinus Subagja Ketua LSM GMBI Kabupaten Majalengka mengungkapkan kepada awak media bahwa GMBI mengapresisai temuan tersebut. (20/05/2021)

"Karena sudah merupakan tugas dan fungsi inspektorat yang seharusnya dilakukan dengan fungsi sebagai pengawasan dan audit keuangan secara otomatis harus ada hasil dari fungsi tersebut, Namun Ketua GMBI Majalengka menyayangkan pulbikasi yang dilakukan inspektorat tidak menyandung syarat keterbukaan karena tidak dijelaskan bagian dari temuan tersebut, serta Ketua GMBI berharap Inspektorat kabupaten Majalengka juga melakukan Tugas dan fungsinya dengan melakukan pemeriksaan terhadap keuangan Negara yang dikelola oleh pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini yang dimaksud adalah pengelolaan keuangan di anggaran Dinas dan OPD Kabupaten Majalengka. Kami berharap inspektorat Kabupaten Majalengka jangan hanya memeriksa keuangan desa tetapi harus juga berani dan terbuka dalam melakukan pengawasan kinerja dinas serta melakukan audit keungan dinas dan dipublikasikan agar publik bisa menilai kepropesional kinerja inspektorat" Ungkapnya.

Harapan GMBI Kabupaten Majalengka agar Inspektorat bekerja propesional dan bersipat independen tanpa sarat tebang pilih dalam melakukan tugas dan fungsinya, untuk mendorong hal tersebut ketua GMBI Majalengka pada hari ini (20/3/2021) telah menugaskan langsung Yayat supriatna  Selaku sekretaris GMBI Majalengka untuk melakukan kordinasi dengan mengirimkan surat kepada Inspektorat dan pihak Kepolisian Resor Majalengka untuk melaksanakan kegiatan audiensi ke kantor inspektorat Kabupaten Majalengka.

Audinsi tersebut yang akan dikalakukan pada hari kamis tanggal 27 Mei 2021 di Kantor Inspektirat kabupaten Majalengka, dalam audiensi kali ini Yayat supriatna menjelasakan bahwa berdasarkan intruksi dari ketua distrik pada kegiatan audinsi dengan inspektorat lebih kepada membahasan kajian dan membukaan serta uji materi.

H. Agustinus Subagja Ketua GMBI Majalengka menyakatan bahwa telah siap untuk melakukan uji materi dengan Pihak Inspektorat karena LSM GMBI Distrik Majalengka telah melakukan investigasi lapangan serta melakukan kajian sebagai sudut pandang tentang kinerja inspektorat yang dinilai masih mandul dalam melakukan tugas dan fungsinya secara hakiki. 

“selama ini kami belum mendengar inspektorat mendapatkan temuan hasil audit keuangan ditingkat dinas, seolah inspektorat hanya berfungsi untuk mengaudit keungan desa” Pungkasnya


Penulis: Hendarto

Posting Komentar

0 Komentar