Limbah Air RSIA Mitra Plumbon Majalengka Diduga Bikin Resah Warga

PSC. Majalengka - Rumah Sakit Ibu dan Anak RSIA Mitra Plumbon Majalengka yang beralamat di Jl. Raya Barat Ps. Prapatan No.109, Panjalin Kidul, Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45455 Adalah rumah sakit khusus untuk melayani pasien ibu hamil dan anak juga konon katanya rumah sakit ini akan merubah pelayanannya menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) bahkan saat ini juga sedang dibangun penambahan bangunan yang luas sampai beberapa lantai. 

Hasil penelusuran ternyata awak media mendapatkan informasi kejanggalan dalam proses pembuangan air limbah, pasalnya dalam prakteknya diduga seringkali pihak rumah sakit asal buang kesaluran air selokan yang mengalir kepemukiman warga bukan melalui saluran pipa paralon dan tanpa proses penjernihah terlebih dahulu yang akibatnya masyarakat merasakan dampaknya dengan selalu mencium aroma tidak sedap seperti bau amis darah. 

Menurut keterangan dari warga yang berada disekitar rumah sakit menjelaskan. "Kami merasa bersyukur dengan adanya rumah sakit disini, sebagian dampak positifnya adalah masyarakat sini bisa ada peluang pekerjaan dan pelayanan kesehatan yang dekat. Namun disisi lain kami merasa heran kenapa seringkali Limbah air dari RSIA Mitra Plumbon Majalengka dibuang langsung ke saluran air? Akibatnya saluran air menjadi tercemar, terlebih kalau musim kemarau tiba tercium aroma bau amis menyengat tidak sedap seperti bau darah, apalagi sekarang sedang dibangun bangunan baru, menurut informasi akan dibangun lima lantai dan status RSIA dirubah menjadi Rumah Sakit Umum (RSU), sudah kebayang limbah air akan lebih banyak. Memang air yang keluar dari pipa paralon tidak bau, namun air yang keluar langsung melalui saluran air yang kecil atau Got sering kali mengeluarkan aroma bau amis. Kami warga desa Panjalin Kidul merasakan dampaknya langsung dari prilaku RSIA Mitra Plumbon Majalengka yang suka  membuang Limbah Air ke saluran air selokan kecil dan memang terusnya mengalir ke sungai Cibasale" jelas Warga. 

Untuk melengkapi inpormasi awak media mendatangi RSIA Mitra Plumbon Majalengka dengan maksud untuk melakukan konfirmasi terkait permasalahan tersebut. Dan dilayangkan surat konfirmasi kepada Direktur beserta Humas dengan Nomor: KFR- PWS  - Vlll - 003 -2021.

Namun sampai berita ini dimunculkan, belum ada keterangan resmi dari pihak RSIA Mitra Plumbon Majalengka.

Penulis: Hendarto.

Posting Komentar

0 Komentar