Dinsos Kucurkan Bantuan Ke LKS Dan Kelompok Masyarakat


PSC, Kuningan - Sebanyak 20 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan 20 kelompok masyarakat memperoleh bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. Bantuan yang digelontorkan dalam rangka pemulihan ekonomi dampak covid-19.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kabupaten Kuningan, Ence Hadiat Rohanda. A.Ks. M.Si bantuan yang diberikan bertujuan untuk usaha ekonomi produktif.

"Kita mendorong usaha ekonomi produktif, sebagai recovery. Diharapkan, ada keuntungan yang didapat dari usaha produktif, melalui bantuan yang kami salurkan," ucap, Ence, di kantornya, Senin (30/11).

Dikatakannya, ada 14 jenis usaha di LKS yang memperoleh bantuan, sedangkan untuk kelompok masyarakat jenis usahanya ternak kambing dan ternak kelinci. "Ada banyak jenis aneka usaha yang penerima lakukan, diantaranya, conter HP, warung, penjualan tabung gas melon, peternakan ikan sampai pengolahan makanan," terangnya.

"Bantuan berupa barang, bukan uangnya. Untuk bantuan usaha warung kita support sembako, pengolahan makanan kita beri kompor dan tabung gasnya. Untuk ternak kambing kita berikan 8 ekor kambing, jantan 2 dan betina 6," imbuhnya.

Jika di nominalkan dengan uang, lanjut Ence, masing-masing penerima bantuan memperoleh senilai 10 juta, yang berupa barang. "Kegiatan ini bersumber dari DID, untuk pemberdayaan fakir miskin pagunya 250 juta, untuk LKS pun sama 250 juta," terangnya.

Ence berharap, bantuan dapat mendorong usaha kreatif yang tumbuh di tiap desa. "Kita berharap pulihnya ekonomi masyarakat akibat covid, melalui pertumbuhan usaha kreatif," harapnya. (Baim)

Posting Komentar

0 Komentar