Warga Desa Maniis Pertanyakan Perkembangan BUMDes



PSC. Majalengka - Pemerintah pusat mengharapkan kepada pihak desa untuk memiliki badan usaha milik desa yang disingkat menjadi BUMdes dan BUMDes merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa serta berbadan hukum. 

Pemerintah Desa dapat mendirikan BUMDes sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan BUMDes ditetapkan dengan Peraturan Desa dan kepengurusannya terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat. 

Berdasarkan penelusuran yang di lakukan oleh awak media dari beberapa narasumber menuturkan bahwa banyak pihak desa di wilayah Kabupaten Majalengka yang mengelola BUMDes untuk bermacam macam kegiatan seperti; Pembelian hewan ternak untuk dikembangbiakkan oleh masyarakat, Simpan pinjam, Jual beli atau warung BUMDes dan lain lain. 

Berdasarkan informasi awak media mencium menduga adanya permasalahan, dikarenakan berdasarkan menurut penjelasan dan keterangan beberapa masyarakat bahwa pelaksanaan kegiatan BUMDes Maniis, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka ada permasalahan. 

Berawal beberapa warga desa Maniis bertanya - tanya akan keberadaan BUMDes yang berada didesanya, karena warga sudah beberapa kali mendengar bahwa pihak desa Maniis mendapatkan dana untuk anggaran modal BUMDes namun mereka tidak mengetahui secara jelas perkembangannya.

"Kami mengetahui bahwa pihak desa Maniis mempunyai usaha milik desa namun kami tidak mengetahui secara jelas, apakah usaha tersebut ada peningkatan ataukah seperti apa? Karena pihak pengelola BUMDes sampai sekarang selalu tertutup dan masyarakat sendiri tidak mengetahui karena setiap tahunnya laporan pertanggungjawabannya belum jelas. Maka kami selaku masyarakat pantas menduga kalau Pelaksanaan Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maniis, Diduga Bermasalah bahkan bisa jadi diduga ada oknum yang memanfaatkan program ini untuk dikorupsi" jelas beberapa narasumber pada media ini

Untuk melengkapi inpormasi awak media mengirimkan surat konfirmasi kepada bapak Abdul Holid selaku Kepala Desa Maniis, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Dengan Nomor: KFR - PWS - III - 162 - 2020. Namun sampai berita ini dimunculkan, belum ada keterangan resmi dari pihak desa Maniis. 

Penulis; Ato-Aceng. 
Ket photo; kantor desa Maniis.

Posting Komentar

0 Komentar