Anda Pengelola TK Swasta Di Kuningan? Sekolah Anda Mungkin Layak Menjadi TK Negeri


PSC. Kuningan - Minimnya alokasi anggaran pemerintah pusat bagi pembangunan maupun rehabilitasi sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Kuningan, menurut Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, Elon Carlan MPd adalah adanya aturan pemerintah pusat yang menghususkan alokasi anggaran hanya bagi sekolah negeri.

"Aturan pusatnya seperti itu. Bantuan bagi pembangunan fisik sekolah TK hanya bagi sekolah milik pemerintah (negeri). Jadi bagi TK yang statusnya milik swasta tidak tersentuh bantuan," terangnya, Selasa (9/6), di ruang kerjanya.

Dikatakan Elon, yang juga tokoh pendidikan disabilitas Kabupaten Kuningan, persoalan tersebut menjadi kendala sulitnya bagi TK swasta memperoleh bantuan pusat untuk pembangunan maupun rehabilitasi ruang kelas. 

"Saya juga inginnya tidak ada pengkavlingan, anggaran fisik bisa juga di terima TK swasta, yang penting pendidikan disekolah tersebut berjalan. Namun, aturanya seperti itu mau bagaimana," keluhnya.

"Saya lapor juga ke pa bupati, kenapa anggaran ke pendidikan PAUD rendah? Ternyata, anggaran fisik hanya untuk sekolah negeri saja. Berbeda dengan sekolah SD dan SMP," imbuhnya.

Menurutnya, salah satu solusi agar anggaran pusat bisa diberikan ke TK yang ada di Kabupaten Kuningan, adalah alih status sekolah dari milik yayasan atau swasta menjadi sekolah negeri. "Jalan keluarnya, ya dengan perubahan status sekolah. Dan ini yang sedang kita rencanakan," ucapnya 

"Saya ingin tiap kecamatan minimal ada satu sekolah TK negeri. Saya sudah melakukan verifikasi, dengan indikatornya, murid memadai, PNS nya sudah memadai, tenaga honornya sudah memperoleh sertifikasi, serta pemerintah desanya bisa menyediakan lahan yang representatif," paparnya.

Dikeluhkan Ia, adanya pandemi covid-19 rencana alih fungsi status sekolah tersebut tertunda. " Meski tertunda, diambil hikmahnya saja, sambil persiapan. Nantinya alih fungsi berjalan, pembangunan unit barupun berjalan. Tentunya akan lebih optimal," jelasnya.

"Saya sedang berupaya mengajukan dana pembantuan dari kemenku. Semoga saja bisa terealisasi," harapnya

Dengan banyaknya sekolah TK negeri, dikatakan Elon, diharapkan ke Kabupaten Kuningan bisa masuk anggaran-anggaran untuk fisik ke kePAUDan.

Saat ini menurut Elon, perbandingan sekolah TK negeri  dengan milik swasta sangat jomplang. Dari 774 sekolah TK di Kabupaten Kuningan, yang berstatus sekolah TK negeri hanya 6 sekolah. (Baim)

Posting Komentar

0 Komentar