Alhamdulillah!! Di Kuningan Shalat Idul Fitri Bisa Digelar

PSC. Kuningan - Bisa tidaknya shalat idul fitri digelar, yang menjadi pertanyaan umat islam di Kabupaten Kuningan. Nampaknya mulai menemukan titik terang. Hal ini diungkapkan Bupati Kabupaten Kuningan, H Acep Purnama SH. MH saat bersilaturahmi dengan insan pers di Pendopo Pemda Kabupaten Kuningan, Rabu (20/5).

Dikatakan bupati, hasil dari rapat koordinasi dengan jajaran forkompimda dan perwakilan elemen masyarakat, besar kemungkinan untuk membuka larangan shalat berjamaah. "Besok saya keluarkan edarannya," ucap Acep.

Namun, lanjut Ia, pelaksanaan shalat berjamaah baik shalat Jumat, Tarawih, dan beberapa hari kedepan shalat idul fitri harus tetap memperhatikan protokoler penanganan covid-19.

"Pelaksanaan shalat idul fitri dengan memperhatikan sosial distancing dan protokoler serta tidak ada penumpukan disuatu tempat," ulasnya.

"Mekanismenya, jamaah shalat disebar dibeberapa tempat, baik di masjid maupun yang digelar di lapang," imbuhnya.

Meski diperkenankan melaksanakan shalat idul fitri, Acep menegaskan tidak semua wilayah bisa melaksanakan. "Tidak semua wilayah, sifatnya parsial," tuturnya.

Dalam penanganan covid-19, Acep mengapresiasi warga Kuningan yang mematuhi himbauan pemerintah, termasuk pelaksanaan PSBB. "Saya apresiasi masyarakat yang telah mematuhi aturan, termasuk PSBB yang diperpanjang waktu pelaksanaanya," tukas Acep.

Kemungkinan  diperkenankanya pelaksanaan shalat idul fitri, disambut positif warga. Seperti yang diungkapkan Ustad Asary dari Desa Cikadu. Adanya kepastian tentang pelaksanaan shalat idul fitri menjadi berkah di hari kemenangan.

"Ini yang kita harapkan, karena tidak semua wilayah rawan penyebaran corona, terlebih di wilayah kami, perantau yang mudik sangat kecil dan patuh terhadap aturan karantina. Terasa kehilangan makna hari kemenangan apabila shalat idul fitri tidak bisa digelar," ucapnya. (Baim)

Posting Komentar

0 Komentar