Cara Desa Cikaracak Garda Terdepan perangi COVID-19


PSC. MAJALENGKA - Pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 menjadi tugas bersama. Tidak terkecuali juga para Relawan Desa Tanggap COVID-19, mereka juga berperan menjadi garda depan di wilayah desa seluruh Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Desa Cikaracak Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Setiap pagi, suasana tidak seperti biasanya. Para pemuda terlihat sigap berjaga-jaga di pintu masuk desa seluas dari Arah Selatan muapun Utara yang menjadi jalan poros Desa . Mereka memperketat warga setempat dan juga pengunjung keluar-masuk kampung.

Sebelum masuk, warga lokal dan juga pengunjung diwajibkan cuci tangan di tempat yang sudah disediakan, dan terlebih Untuk warga yang baru datang dari perantauan diwajibkan untuk melapor di pos ronda dan di dibawa ke Kantor Desa untuk pengecekan Kesehatan. Ungkap salh satu pamong Desa 

Sementara di pos penjagaan, mereka memasang spanduk yang berisi himbauan-himbauan. Dan tata cara mencuci Tangan memakai sabun dan langkah2 dalam menghdapi wabah ini, Selain itu ada juga pamflet yang menunjukkan tata cara mencegah penyebaran Covid-19.

Suasana seperti ini sudah berjalan hampir dua bulan seiring semakin mewabahnya pandemi COVID-19. “Untuk warga yang datang dari ladang tidak disemprot, mereka hanya disuruh cuci tangan dengan bersih memakai sabun" imbuhnya Ahyani Kepala Desa Cikaracak

Cara ini dilakukan untuk meminimalisir pergerakan warga supaya tidak keluar-masuk sembarangan. Apalagi di desa yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Tambahnya.

Penulis: Aceng-Leo

Posting Komentar

0 Komentar