Masyarakat Antusias Adanya Pasar Minggon di Desa Bojong

PSC. Cirebon - Dialun-alun Desa Bojong wetan kecamatan Jamblang kabupaten Cirebon Minggu 12 Januari 2020 sekitar jam 07.00 sampai jam 11.30 masyarakat Bojong di bikin meriah dengan di adakannya pasar minggon, kegiatan perdana pemdes Bojong wetan adapun kegiatan pasar minggon ini akan trus berjalan tiap minggunya.

Adapun rangkaian acara atau kegiatan yang di adakan yaitu, senam bareng , jalan santai , penghijauan , seni tari topeng , seni sulap dan turnamen bola voly 
Masyarakat antusias dengan adanya pasar minggon. Roja'i lugisanto , S.sos selaku Kuwu terpilih menuturkan adanya pasar minggon ini mengajak kepada masyarakat Bojong wetan khususnya generasi muda untuk mengingatkan kembali jajanan atau makanan khas Desa Bojong wetan yaitu Geblog sebagai kuliner khas Bojong wetan dan harapan kedepannya bisa di adakan pembinaan mengajak generasi muda supaya melestarikan tradisi adat dan budaya yang ada di desa Bojong wetan tetap bisa di lestarikan



Tak hanya Geblog yang jadi khas Bojong wetan H.Toto Sugiarto seorang seniman sedikit bercerita menjelaskan ada kesenian yang legendaris di Desa Bojong kecamatan Jamblang yaitu sandiwara sejak tahun 1958 -1965 ada 3 sandiwara suluh budaya , setia Budi dan Darma bakti berhenti dan bubar . Di tahun 1969 gabungan dari sandiwara setia Budi dan sandiwara suluh budaya yang di usung PNI dan Masumi mendirikan sebuah sandiwara setia budaya berlangsung sampai 1970. 


Di tahun 1970 di hidupkan kembali sandiwara panti budaya yang sangat terkenal yang pemain nya dari pegawai semua , di kurun waktu tahun 1970 -1985 terjadi silang pendapat pecah sandiwara karya budaya dan sandiwara panti budaya . Sandiwara Karya budaya dari Bojong lor yang sudah terjadi pemekaran desa dan sandiwara panti budaya dari Bojong wetan Di tahun 1986 - 1989 didirikan kembali sandiwara Margatama dan di tahun 1990 didirikan sandiwara Panji Laras . Karena berkembangnya jaman seni sandiwara tergeser lah ke organ tunggal.

Penulis  Moh.Rifai

Posting Komentar

0 Komentar