Atas Intruksi Camat, Desa Se Kecamatan Jatitujuh Kompak Pasang Spanduk APBDes Lengkap

PSC. Majalengka - Dalam hal keterbukaan informasi publik, pelaksanaan kebijakan dan pembangunan yang menyerap anggaran, sudah menjadi keharusan atau hal yang lumrah apabila pihak pemerintah desa memampangkan banner atau spanduk APBDes dengan perincian secara lengkap dan benar. 

Tentunya halini tidak terlepas dari peran serta pihak Kecamatan selaku pembina yang membawahi beberapa desa diwilayahnya.


Diantara beberapa kecamatan yang berada diwilayah kabupaten majalengka, ialah kecamatan Jatitujuh yang pantas diacungkan jempol karena keberhasilannya dalam hal memberikan arahan kepada pihak desa untuk memasang spanduk APBDes tahun 2019 secara jelas dan lengkap. 

"Kami selaku pihak Kecamatan Jatitujuh tidak bosan bosan memberikan arahan kepada pihak desa untuk terbuka kepada masyarakatnya. 

Pihak pemerintahan desa, kalau memang tidak menyembunyikan keburukan seharusnya terbuka kepada masyarakatnya, seperti contoh keterbukaan dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan yang anggarannya berasal dari bantuan pemerintah yaitu dengan memajang spanduk APBDes didepan balai desa secara mendetail, seperti menjelaskan berapa jumlah anggaran dan diterapkan kepekerjaan apa saja?

Keterbukaan inpormasi yang dimaksud ialah di buktikan dengan dipasangnya Spanduk Baligho APBDes tahun 2019 yang menerangkan hal pelaksanaan pekerjaan ataupun penyerapan dana dengan anggaran dari Pemerintah melaui Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF ataupun pendapatan asli desa (PADes) secara komplit berikut dengan perincian nama kegiatan juga jumlah anggarannya" jelas Camat Jatitujuh Rony Setiawan, S.IP.

Maka dalam hal menjalankan pembangunan, untuk menghindari kecurigaan dari masyarakat luas baik itu dalam pelaksanaan pembangunan ataupun dalam pelaksanaan kebijakan lainnya, biar masyarakat semuanya pada tahu, dengan memasang Spanduk Baligho APBDes tahun 2019 dan tentu saja di masing masing lokasi pekerjaan juga harus ada papan proyeknya, halini sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Saya punya pandangan untuk menjaga keharmonisan antara pemerintah desa dengan masyarakatnya, kuncinya adalah keterbukaan atau "Jangan Ada Dusta Diantara Kita"

Juga dalam hal pelayanan publik, kami sedang berupaya agar masing masing Desa binaan kami, untuk memiliki website supaya bisa melayani masyarakatnya melalui jaringan internet biar bisa dijangkau dari mana saja tanpa harus datang kekantor desanya" tambah camat Rony. 

Ditempat terpisah, kepala desa Panyingkiran, Kecamatan Jatitujuh Cecep Kosasih menjelaskan. 

"Iya betul pa camat Roni selalu mengarahkan kepada pihak desa untuk memasang spanduk APBDes secara lengkap dan benar, maka alhamdulillah semua desa diwilayah Kecamatan Jatitujuh menurut dan kompak " jelas Cecep. 

Juga dari keterangan Taufiq, Kepala Desa Panongan yang baru terpilih menjelaskan, "Sewaktu saya masih menjabat sekretaris desa memang pa camat Roni selalu mengarahkan kepada pihak desa untuk memasang spanduk APBDes secara lengkap dan benar" tambah Taufiq.

Penulis; Aceng - Ato 
Ket photo: Camat Jatitujuh Rony Setiawan, S.IP.

Posting Komentar

0 Komentar