Pemasangan Spanduk APBDes Tahun 2019 Belum Lengkap, Pihak Desa Kasturi Dituding Menyembunyikan Masalah

 PSC. Majalengka - Lagi dan lagi awak media menemukan pihak pemerintah desa yang memasang spanduk APBDes dengan hanya keterangan global saja tanpa diperinci ragam pembangunan apa saja dan berapa jumlah masing masing anggarannya. Apakah memang seperti ini perintah dari atasannya, ataukah seperti ini menurut aturannya, ataukah hanya sebatas ini pengetahuan pihak desa dan ataukah praktek seperti ini adalah upaya untuk menutupi kebobrokan pihak desa? Tentu saja, fenomena seperti ini menjadi teka teki dan tanda tanya besar bagi masyarakat pada umumnya. 

Sebagian masyarakat desa Kasturi banyak yang bertanya tanya kepada pihak pemerintah desanya perihal pelaksanaan pembangunan ditahun ini. Pasalnya dikantor desa Kasturi hanya dipampangkan spanduk Apbdes tahun 2019 hanya dengan keterangan global saja tanpa diperinci ragam pembangunan apa saja dan berapa jumlah masing masing anggarannya.


Menurut penelusuran yang di Lakukan oleh awak media saat mendatangi kantor desa dan dari beberapa narasumber masyarakat, menerangkan bahwa didesa ini ada permasalahan, "Kami warga masyarakat Desa Kasturi merasa kecewa dengan pemerintahan desa, dalam pelaksanaan Kebijakan dan Pembangunan ditahun 2019. Seperti anggaran Dana dari Dana Desa (DD) Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF. Halini dikarenakan, tidak ada keterbukaan dalam pelaksanaan pekerjaan, buktinya dikantor desa cuma ada Spanduk APBDes, namun tidak ada perincian kegiatan lengkap, yang menerangkan berapa jumlah anggaran Dana Bantuan dari Pemerintah dan perincian pekerjaan nya. Seperti tertera bidang pembangunan desa dengan anggaran global Rp 1.087.122.000 rupiah, tanpa dijelaskan berapa macam jenis pekerjaannya dan berapa anggarannya juga bidang pembinaan kemasyarakatan dengan jumlah global anggaran Rp 358.381.200 rupiah tanpa dijelaskan berapa macam jenis pekerjaannya dan berapa anggarannya" jelas masyarakat. 

Masyarakat juga menambahkan, "Walaupun masyarakat ada yang ikut musyawarah dan tahu beberapa pelaksanaan kegiatannya, tapi kebanyakan masyarakat yang tidak tahu semuanya dan tidak mengetahui berapa Papan Proyek yang seharusnya terpasang dilapangan, maka kami simpulkan Pihak Pemerintah Desa sekarang, yang dipimpin oleh bapak Yadi, diduga telah meng otak atik anggaran, dan mendapatkan untung lumayan dari pelaksanaan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF Tahun 2019. Seharusnya kalau pihak desa mau berniat baik, maka tidak perlu ada yang ditutup tutupi. Seperti contoh didesa lain mereka sangat terbuka kepada Masyarakat nya, di kantor Desa ada Spanduk APBDes dengan rincian lengkap dan dilapangan/lokasi ada Papan Proyek" tambahnya.


Untuk melengkapi informasi, awak media mendatangi kantor desa Kasturi dan mengirimkan surat konfirmasi kepada Kepala Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing, Majalengka, Drs Yadi Supriadi.
Dengan nomor : KFR-PWS-111-141-2019. Namun sampai berita ini dimunculkan, belum ada keterangan resmi dari pihak desa Kasturi. 

Penulis  : Ato . 
Ket photo  : Spanduk APBDes tahun 2019.

Posting Komentar

0 Komentar