Apa Kabar Konsep Jabar Masagi Di SMKN 2 Kuningan - Pewarta Semesta

Headlines!

Rabu, 09 Oktober 2019

Apa Kabar Konsep Jabar Masagi Di SMKN 2 Kuningan


PSC. Kuningan - Konsep Jabar Masagi yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil yang akan diterapkan pada kurikulum pendidikan sekolah di Jawa Barat, menjadi perhatian serius SMKN 2 Kuningan.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Kuningan, Drs Lili Ramli MKom, sekolahnya merupakan satu dari 21 sekolah di Jawa Barat yang ditunjuk sebagai sekolah Jabar Masagi.

“Bulan Oktober ini, program Jabar Masagi, kami  upayakan sudah masuk dalam tahap perencanaan sekaligus sosialisasi kepada TU, guru serta siswa," jelas Lili melalui telepon selularnya, Senin (7/10/2019). 

Dikatakan-nya, Implementasi program Jabar Masagi pada mata pelajaran dan rencana kerja sekolah diterapkan pada periode bulan November 2019 sampai Maret 2020. "Setelah itu baru dilakukan evaluasi. Kemudian, laporan pelaksanaan program,” jelasnya.

Secara umum, mengutip arahan Gubernur, lanjut Lili. Jabar Masagi adalah pendidikan karakter yang berpijak pada pendidikan budi pekerti yang mengandung keluhuran nilai-nilai kearifan lokal. "Diharapkan siswa tidak hanya pintar secara IQ. Namun, mampu secara emosional dan spiritual," imbuhnya. 

"Jabar Masagi memiliki empat nilai, yakni surti, harti, bukti, bakti, yang diadopsi dari filosofi Sunda," paparnya.

Empat nilai itu, dikatakan Ia, adalah memahami, mengetahui, mempraktekan dan mengamalkan. "Kita berharap mampu mencetak siswa yang cerdas, berakhlak dan berkarakter serta memiliki spirit yang kompetitif. Ditengah derasnya arus budaya negatif," harapnya. (Baim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...