Kunci Tetap Harmonis "Jangan Ada Dusta Diantara Kita".

PSC. Majalengka - Saat kita berada dimana, perkumpulan apa saja, kalau memang berniat baik, tidak perlu ada yang ditutup tutupi dan harus terbuka.

Seperti halnya dipihak pemerintahan desa, kalau memang pihak desa tidak menyembunyikan keburukan seharusnya terbuka kepada masyarakatnya, seperti contoh keterbukaan dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan yang anggarannya berasal dari bantuan pemerintah yaitu dengan memajang spanduk APBDes didepan balai desa secara mendetail, seperti menjelaskan berapa jumlah anggaran dan diterapkan kepekerjaan apa saja?


Tak terlepas dari halini Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, ialah salah satu Desa yang patut dijadikan contoh dan diacungi jempol bagi desa lainnya dalam hal melaksanakan keterbukaan inpormasi bagi masyarakatnya.

Keterbukaan inpormasi yang dimaksud ialah di buktikan dengan dipasangnya Spanduk Baligho APBDes tahun 2019 yang menerangkan hal pelaksanaan pekerjaan ataupun penyerapan dana dengan anggaran dari Pemerintah melaui Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF secara komplit berikut dengan perincian nama kegiatan juga jumlah anggarannya . 

Saat awak media menyambangi balai desa Pasirayu terlihat jelas Spanduk dengan ukuran besar terpampang didepan kantor desa.

Sutarmo Kepala Desa Pasirayu menerangkan; "Kami selalu berusaha untuk melayani masyarakat sebaik mungkin, dengan dibantu oleh perangkat desa, dan dalam hal menjalankan pembangunan, untuk menghindari kecurigaan dari masyarakat luas baik itu dalam pelaksanaan pembangunan ataupun dalam pelaksanaan kebijakan lainnya, biar masyarakat semuanya pada tahu, kami memasang Spanduk Baligho APBDes tahun 2019, juga halini sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik,"

Saya punya pandangan untuk menjaga keharmonisan antara pemerintah desa dengan masyarakatnya, kuncinya adalah keterbukaan atau "Jangan Ada Dusta Diantara Kita", kalaupun nanti diakhir ada perubahan, APBDes juga akan dirubah sesuai pelaksanaan nya" jelas Sutarmo Kepala Desa Pasirayu.


Penulis; ATO. 

Ket photo: Spanduk APBDes Pasirayu Tahun 2019.

Posting Komentar

0 Komentar