Dikonfirmasi Terkait Keterbukaan Informasi, Camat Maja Diduga Bungkam - Pewarta Semesta

Advertise

Headlines!

Selasa, 17 September 2019

Dikonfirmasi Terkait Keterbukaan Informasi, Camat Maja Diduga Bungkam

PSC. Majalengka  - Transparansi atau keterbukaan sangat diharuskan didalam praktik pembangunan yang anggaran dari pemerintah, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik.

Aturan ini sangatlah penting, sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomer 14 tahun 2008 tentang KIP Rakyat berhak mengetahui dan mengawasi setiap kegiatan pembangunan yang di biayai lewat anggaran Negara (APBN dan APBD).

Kantor Kecamatan Maja

Seperti halnya pihak-pihak Desa yang mendapatkan anggaran keuangan melalui PAD, ADD, BAN GUB/IF dan DD, Untuk Penyelenggaraan Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan yang lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Berdasarkan Penelusuran yang di Lakukan Oleh Awak Media, saat mendatangi kantor desa yang berada diwilayah Kecamatan Maja,  Kabupaten Majalengka, tentang Spanduk/Banner APBDes, awak media menemukan ada beberapa jenis.

A) Ada pihak desa yang tidak memasang Spanduk/Banner APBDes tahun 2019.
Seperti Contoh; Desa Majaselatan dan Banjaran. Ket; Dokumentasi photo tgl 5 agustus tahun 2019.

B) Ada pihak desa yang  memasang Spanduk/Banner APBDes tahun 2019, Namun tidak lengkap cuma keterangan Global saja tanpa dijelaskan perincian Kegiatannya berikut anggarannya.
Seperti Contoh; Desa Cicalung, kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Ket; Dokumentasi photo tgl 5 Agustus tahun 2019.

C) Ada pihak desa yang  memasang Spanduk/Banner APBDes tahun 2019, Secara lengkap dengan keterangan yang dijelaskan perincian Kegiatannya berikut anggarannya. Seperti Contoh; Desa Paniis dan Kertabasuki. Ket; Dokumentasi photo tgl 5 Agustus tahun 2019.

Berdasarkan hasil penelusuran yang di lakukan Media Pewartasemesta.com ke Desa-desa. pihak Media melayangkan surat Konfirmasi ke pihak Kecamatan Maja Kab. Majalengka Nomor: KFR - PWS - I - 002 - 2019 kepada Camat Maja H. Arif Daryana, A.P., M.Si. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan, yaitu

1) Terkait kondisi pihak desa yang memasang Spanduk/Banner APBDes, contoh Desa mana yang benar, menurut aturan hukum yang berlaku di Negara ini?

2) Untuk menjaga dan menghindari kecurigaan dari masyarakat terhadap pihak pemerintah desa, Langkah terbaik seperti apakah yang seharusnya dilakukan oleh pihak pemerintah desa dalam memasang Spanduk/Banner APBDes?.

3) Tindakan apa, yang akan dilakukan oleh pihak Kecamatan Maja, Terhadap pihak Desa yang tidak Mengindahkan Keterbukaan Inpormasi Publik (Pemasangan Spabduk/Banner APBDes) ?

4) Apakah Anda sadar dan mengetahui, apa yang akan dialami sangsinya menurut aturan Hukum yang berlaku di Negara ini?

Namun sampai berita ini dimunculkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Kecamatan Maja. 

Penulis: Ato.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...

Pages