Setelah Dipertanyakan, Pihak Desa Cikaracak Dan Maja Selatan Langsung Pasang Spanduk APBDes Dituding Menyembunyikan Masalah - Pewarta Semesta

BREAKING NEWS

Post Top Ad

Wednesday, August 14, 2019

Setelah Dipertanyakan, Pihak Desa Cikaracak Dan Maja Selatan Langsung Pasang Spanduk APBDes Dituding Menyembunyikan Masalah

PSC, Majalengka -  Transparansi atau keterbukaan sangat diharuskan didalam praktik pembangunan yang anggaran dari Pemerintah, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik.


Aturan ini sangatlah penting, sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomer 14 tahun 2008 tentang KIP rakyat berhak mengetahui dan mengawasi setiap kegiatan pembangunan yang di biayai lewat anggaran negara (APBN dan APBD).

Seperti halnya pihak pihak Desa yang menyalurkan anggaran keuangan melalui PAD, ADD, BAN GUB/IF dan DD, Untuk Penyelenggaraan Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan yang lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Saat awak media mendatangi kantor desa Cikaracak Kecamatan Argapura juga desa Maja Selatan Kecamatan Maja, tampaklah jelas dikedua kantor desa tersebut sama sekali belum terpampang spanduk Apbdes. 

Menyikapi halini, awak media mendatangi dan mengirimkan surat konfirmasi kepada pejabat kepala desa Cikaracak yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Argapura Teguh Subagja Djajasutisna, S.E. 

Juga kepala desa Maja Selatan Abdun Naser, S. Sos.
Tak lama kemudian setelah menerima surat konfirmasi lantas kedua desa tersebut mengirimkan hak jawab beserta photo spanduk Apbdes tahun 2019, namum sangat  disayangkan yang diterangkan dalam spanduk Apbdes tersebut hanyalah keterangan global saja. 


Menyikapi permasalahan ini Ketua LSM GMBI Distrik Majalengka H Agustinus Subagja, melalui Yayat Supriatna Selaku Sekretarisnya menjelaskan, "Kalau pihak Desa tidak Memasang Spanduk/Banner APBDes secara lengkap atau memasang Spanduk/Banner APBDes, Namun tidak lengkap cuma keterangan Global saja tanpa dijelaskan perincian kegiatannya berikut anggarannya ditempat Umum, kami simpulkan desa tersebut sangat bermasalah.

Halini dikarenakan, tidak ada keterbukaan dalam pelaksanaan pekerjaan, dikantor desa tidak terpampang APBDes tahun anggaran berjalan, yang menerangkan berapa jumlah anggaran Dana Bantuan dari Pemerintah dan perincian pekerjaan nya. 

Akibatnya masyarakat tidak mengetahui berapa Papan Proyek yang seharusnya terpasang dilapangan maka kami simpulkan Pihak Pemerintah Desa yang seperti ini, Diduga telah meng otak atik anggaran.

Dan mendapatkan untung lumayan dari pelaksanaan PADes, Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF.

Kalau memang pihak desa berniat baik, seharusnya terbuka kepada Masyarakat dengan cara Memasang Spanduk/Banner APBDes secara lengkap ditempat Umum, Seperti contoh Desa lain mereka sangat terbuka kepada Masyarakat nya, di kantor Desa ada Spanduk APBDes dan dilapangan/lokasi ada Papan Proyek", jelas Yayat. 


Penulis; Ato - Leo. 

Ket photo; Spanduk/Banner APBDes Keterangan Global Desa Cikaracak Kecamatan Argapura Tahun 2019 dan Spanduk/Banner APBDes Keterangan Global Desa Maja Selatan Kecamatan Maja Tahun 2019.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

loading...