LSM GMBI Distrik Majalengka : Keterangang Drs. Abdurahman, M.Si. Inspektur Pembantu Wilayah III, Sama Dengan Kasih Kesempatan Pihak Desa Untuk Korupsi. - Pewarta Semesta

Advertise

Headlines!

Minggu, 25 Agustus 2019

LSM GMBI Distrik Majalengka : Keterangang Drs. Abdurahman, M.Si. Inspektur Pembantu Wilayah III, Sama Dengan Kasih Kesempatan Pihak Desa Untuk Korupsi.

PSC, Majalengka  - Menindak lanjuti keterangan dari Drs. Abdurahman, M.Si. Inspektur Pembantu Wilayah III, yang menjelaskan tentang pasang spanduk APBDes secara global saja sudah cukup, ternyata pernyataan Abdurahman tersebut ditentang keras oleh LSM GMBI Distrik Majalengka.

Kepada awak media Ketua distrik H Agustinus Subagja, melalui Yayat Supriatna Selaku Sekretaris LSM GMBI Distrik Majalengka, menjelaskan. "Kami selaku masyarakat menyayangkan terhadap pernyataan dari Drs. Abdurahman, M.Si. Inspektur Pembantu Wilayah III, yang menjelaskan tentang pasang spanduk APBDes secara global saja sudah cukup. Ini sama saja dengan pihak Inspektorat memberikan ruang kesempatan kepada pihak desa untuk menyiasati melakukan Korupsi. Kalaupun pernyataan itu sesuai dengan aturan, jelas jelas menurut kami masyarakat bawah pernyataan itu tidak nyaman" jelas Yayat. 

Ket photo; Yayat GMBI.

Juga menambahkan, "Kalau pihak Desa tidak Memasang Spanduk/Banner APBDes secara lengkap atau memasang Spanduk/Banner APBDes, Namun tidak lengkap cuma keterangan Global saja tanpa dijelaskan perincian kegiatannya berikut anggarannya ditempat Umum, kami simpulkan desa tersebut sangat bermasalah. Halini dikarenakan, tidak ada keterbukaan dalam pelaksanaan pekerjaan, dikantor desa tidak terpampang APBDes tahun anggaran berjalan, yang menerangkan berapa jumlah anggaran Dana Bantuan dari Pemerintah dan perincian pekerjaan nya. Akibatnya masyarakat tidak mengetahui berapa Papan Proyek yang seharusnya terpasang dilapangan Maka kami simpulkan pihak pemerintah Desa yang seperti ini, diduga telah meng otak atik anggaran. Kalau memang pihak desa berniat baik, seharusnya terbuka kepada Masyarakat dengan cara Memasang Spanduk/Banner APBDes secara lengkap ditempat umum, di kantor Desa ada Spanduk APBDes dan dilapangan/lokasi ada Papan Proyek.

Maka kalau sudah jelas terbuka seperti ini otomatis dengan sendirinya, tidak akan ada rasa kecurigaan khususnya bagi Masyarakat, ataupun pihak lain, seperti LSM ataupun pihak Jurnalis. Dan pihak Desa pun tidak perlu repot repot menjelaskan setiap kali ada tamu yang berkunjung untuk minta inpormasi tentang pelaksanaan DD/Infrastuktur dan juga Anggaran lainnya. Tentu saja dengan batas batas kewajaran, seperti untuk RAB itu tidak perlu diperlihatkan ke Publik, karena RAB adalah rahasia dan hanya pihak yang berwenanglah yang berhak mengetahuinya" pungkasnya. 


Penulis; Ato - Leo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...

Pages