Tim Penilai Provinsi, Verifikasi Karang Taruna Desa Tangkolo - Pewarta Semesta

Headlines!

Jumat, 12 Juli 2019

Tim Penilai Provinsi, Verifikasi Karang Taruna Desa Tangkolo

PSC. Kuningan - Pasca mengikuti presentasi di Bandung, Karang Taruna Genta Sabanusa Desa Tangkolo Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan, Jumat (12/7/2019) kedatangan tim verifikasi lapangan lomba karang taruna teladan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 Tahap ke 2.

Karang Taruna Genta Sabanusa Desa Tangkolo ikut serta pada perlombaan itu, mewakili Kabupaten Kuningan. Sementara, kedatangan tim dari provinsi  sebagai tahapan awal penilaian lomba.


Apresiasi yang tinggi diberikan ketua tim penilai, Muhammad Satria S.Sos, M.Si, atas semangat kepemudaan karang taruna genta sabanusa. Ia berharap yang disampaiakan dalam presentasi di Bandung sesuai dan  menjadikan karang taruna genta sabanusa sebagai unggulan untuk menjadi Karang Taruna terbaik se-Jawa Barat.

“Lomba karang taruna dapat menjaga kesinambungan konsistensi dalam membangun potensi masyarakat dan membangun kaderisasi yang terbaik,” jelasnya.

"Selain itu untuk membangun motivasi pemuda karang taruna tidak hanya sebatas menjadi juara. Namun, bagaimana menjaga upaya memberdayakan masyarakat yang dimotori oleh karang taruna," imbuhnya.

Menurut  M Satria, tim penilai lomba terdiri dari berbagi unsur diantaranya akademisi, organisasi kelembagaan dan pengusaha.

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Kuningan, M  Ridho Suganda, mengatakan Desa Tangkolo adalah jendela Kabupaten Kuningan, yang merupakan daerah perbatasan Kabupaten Kuningan-Ciamis. Sehingga harus menjadi percontohan.

"Karang taruna harus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Memiliki semangat dan optimisme dalam melakukan perubahan yang lebih baik," ucap Ridho di halaman kantor pemerintahan Desa Tangkolo.

"Keikutsertaan karang taruna genta sabanusa dalam lomba ini, menjadi salah satu bukti apabila anak muda diberikan kesempatan akan memberikan kontribusi bagi lingkungan masyarakat sekitarnya. Ini layak mendapat apresiasi yang tinggi,” kata wakil bupati.


Ditegaskan-nya, karang taruna merupakan sebuah wadah kepemudaan yang bisa membantu menuntaskan kesenjangan sosial di suatu wilayah. Sehingga, perlu mendapat dukungan masyarakat. 

Ditambahkan, ketua karang taruna Genta Sabanusa Desa Tangkolo, Didin Rohidin, tingkat partisipasi masyarakat desa-nya sangat membanggakan, tidak terhalang oleh kondisi geografis Desa Tangkolo yang berada di ujung Kabupaten Kuningan dan perbatasan wilayah.

"Keberadaan organisasi kepemudaan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Partisipasi dalam membangun desa dengan melihat potensi yang ada dapat dikembangkan sebagai mitra ekonomi produktif. Program unggulan karang taruna Desa Tangkolo diantaranya, forum silaturahmi remaja Masjid Al-Huda, yang bertujuan untuk membentuk pemuda yang berahlak selaras dengan visi Kuningan Agamis," papar Didin. (Baim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...