Kepedulian Ika Purnama Pada Lansia, Berbuah Penghargaan - Pewarta Semesta

Headlines!

Kamis, 11 Juli 2019

Kepedulian Ika Purnama Pada Lansia, Berbuah Penghargaan

PSC. KUNINGAN - Penghargaan sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Lanjut Usia Tingkat Nasional Tahun 2019 diterima ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Rabu (10/7/2019).

Penghargaan diserahkan Menteri Sosial RI, Agus G. Kartasasmita, didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada puncak peringatan ke-23 tahun Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung.


Ika mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia atas penghargaan yang Ia terima. "Penghargaan ini saya persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Kuningan. Semoga saya bisa bekerja lebih baik lagi dalam membantu permasalahan sosial,” kata istri bupati Kuningan itu.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil sebagai tuan rumah kegiatan mengapresiasi serta menyambut baik dipilihnya Bandung sebagai tuan rumah peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-23 Tahun 2019.

“Tidak ada Ridho Allah SWT kalau tidak ada Ridho orang tua, maka apapun yang kita lakukan di Jawa Barat ini akan di dahulukan kebahagiaan para lansia. Kami betul-betul ingin memaksimalkan indeks kebahagiaan para lansia di Jawa Barat,” paparnya.

Sementara, Menteri Sosial RI, Agus G. Kartasasmita dalam sambutannya merasa sangat bahagia atas terselenggaranya acara HLUNKe-23. Menurutnya, setiap pemda wajib melakukan rehabilitasi pelayanan dasar kepada lansia yang terlantar. "Acuan-nya undang-undang serta dilanjutkan dengan Peraturan Pemerintah dan Permen,” terang Mensos.

"Negara memiliki perhatian pentingnya mewujudkan lanjut usia mandiri, sejahtera dan bermartabat sebagaimana tertuang dalam Strategi Nasional (Stranas) Kelanjutusiaan.


Dengan lima strategi yang dikembangkan dalam Strategi Nasional, yakni pembangunan masyarakat dan sumberdaya manusia (SDM) kelanjutusiaan, penguatan institusi pelaksana kelanjutusiaan, peningkatan perlindungan sosial, jaminan pendapatan dan kapasitas individu, peningkatan derajat kesehatan lanjut usia, perlindungan, pemenuhan dan penghormatan terhadap hak lanjut usia,” papar Mensos.

Untuk Kabupaten Kuningan Selain Ika Purnama yang menerima penghargaan. Salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Kuningan yaitu Wahana Insani Waluya Mulya meraih penghargaan yang sama. (Baim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...