Konsumen dipidanakan Ormas LMPI Datangi Polres Ciko Tanyakan Keabsahan Sertifikat Fidusia - Pewarta Semesta

BREAKING NEWS

Post Top Ad

Thursday, June 27, 2019

Konsumen dipidanakan Ormas LMPI Datangi Polres Ciko Tanyakan Keabsahan Sertifikat Fidusia

PSC. CIREBON - Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan sebuah benda dimana hak kepemilikannya masih dalam kekuasaan pemilik benda tersebut, dan dalam pembuatannyapun harus melalui beberapa tahap sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku saat ini

Seperti yang dialami inisial (BN) Masyarakat asal kota Cirebon selaku Konsumen yang mengkredit satu unit kendaraan roda empat jenis Truck di PT Armada finance cabang Cirebon, dikarnakan BN menunggak angsuran dan sebelumnya sudah mengangsur selama lima bulan dengan total jumlah pinjaman Rp. 30 Juta Rupiah kini dilaporkan oleh pihak Armada Finance ke pihak Polres kota Cirebon dengan tudingan pasal yang dikenakan pasal 36 UU RI No 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia, akhirnya BN ditangkap dan dipenjarakan


Adanya kejadian tersebut ratusan Ormas Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI)  yang tergabung Cabang Kab. Kuningan dan Cirebon Raya berbondong bondong mendatangi Polresta CIKO (Cirebon Kota) kamis 27/06, kedatangan mereka ingin mempertanyakan keabsahan terkait sertifikat fidusia yang di miliki  PT Armada finance kepada Polresta CIKO, sebab dalam hal ini sangat dikhawatirkan berdampak pada proses Hukum yang sedang berjalan 

Dalam pertemuan antara pihak LMPI digedung utama Polresta CIKO dihadiri kasat reskrim Deni Sunjaya SH di dampingi kaur BIN OPS Omang Suparman SH,  MH. Dan jajaran lainnya

Perwakilan anggota LMPI menyampaikan, terkait penangkapan salah satu anggotnya oleh Polresta CIKO terkait kasus dugaan pelanggaran UU fidusia yang dilaporkan oleh pihak PT Armada Finance.

“Sertifikat fidusia yang diserahakan oleh PT Armada finance kepihak Polresta CIKO itu patut dipertanyakan keabsahannya,” kata Djenggo, Fajar, Hendra selaku perwakilan LMPI kepada Kasat Reskrim.

LMPI pempertanyakan kinerja Tim penyidik, sejauh mana menyelidiki keabsahan bukti sertifikat fidusia yang dimiliki PT Armada finance, sebab sertifikat tersebut telah diserahakan oleh pihak PT Armada Finance.


Pihak LMPI menyayangkan dengan tindakan pihak Polresta CIKO yang langsung melakukan penangkapan terhadap anggota LMPI tanpa menelusuri terlebih dahulu keabsahan akte fidusianya, apabila di teliti lebih dalam, proses penerbitan sertifikat fidusia tersebut belum tentu sesuai dengan aturan. Apabila ada keraguan seharusnya dapat di lakukan uji materi terlebih dahulu.

Kasat Reskrim Deni Sunjaya menanggapi pertanyaan dari perwakilan ormas LMPI,  pihaknya belum menelusuri tentang keabsahan sertifikat yang dimiliki PT Armada fnance, “nanti dari tim kami akan melakukan penyelidikan tentang asli atau tidak akte yang dimiliki PT Armada finance.” terang Kasat Reskrim.

Agak sempat memanas ketika Kasat Reskrim memberikan penjelasan mengenai keabsahan Sertifikat Fidusia dan pasal 36 UU RI No 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia ditambah lagi ketika perwakilan dari Ormas LMPI hendak memfoto Sertifikat Fidusia namun suasana kembali kondusif setelah ada pihak yang menenangkan ditempat (Tim)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

loading...