Breaking News

Patut Dijadikan Contoh ‍Spanduk APBDes Desa Candrajaya Dipasang lebih Awal Dan Lengkap

Kuwu Ranita
PSC. MAJALENGKA - Kalau memang berniat baik tidak perlu ada yang ditutupi dan harus terbuka seperti halnya dipihak pemerintahan desa, kalau memang pihak desa tidak menyembunyikan keburukan seharusnya terbuka kepada masyarakatnya.

Seperti contoh keterbukaan dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan yang anggarannya berasal dari bantuan Pemerintah yaitu dengan memasang spanduk APBDes tahun 2019 didepan balai desa sejak awal dilaksanakannya pembangunan secara mendetail seperti menjelaskan berapa jumlah anggaran dan diterapkan kepekerjaan apa saja

Tak terlepas dari hal ini Desa Candrajaya Kecamatan Sukahaji Kab. Majalengka ialah salah satu Desa yang patut diacungi jempol dan harus dijadikan contoh bagi Desa lainnya dalam hal melaksanakan keterbukaan inpormasi bagi masyarakatnya.

Keterbukaan inpormasi yang dimaksud ialah di buktikan dengan dipasangnya Spanduk Baligho yang menerangkan hal pelaksanaan pekerjaan ataupun penyerapan dana dengan anggaran dari Pemerintah melaui Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Bantuan Gubernur/IF tahun 2019 secara komplit.

Saat awak media menyambangi balai desa Candrajaya kamis 2/5/19, terlihat jelas Spanduk dengan ukuran besar menempel didepan kantor desa.

Ranita Kepala Desa Candrajaya menerangkan, “Kami selalu berusaha untuk melayani masyarakat dan melaksanakan pembangunan sebaik mungkin, dengan dibantu oleh; Sekretaris Desa Agus Setiawan ST, Kaur Aset  Haris Pungkalit, S Pd. Kaur Tata Usaha dan Umum Jaja Nurjaman S IP. Kaur Keuangan M Nashir AYATULLAH SE I. Kasie Pemerintahan Asep Andiana. Kaur Kesejahtera’an Rakyat Aminudin. Kaur Perencanaan Ekonomi dan Pembangunan Didin Sudirman. Kadus 01 Udin Wahyudin. Kadus 02 Aceng Nandang K.

Dan untuk menghindari kecurigaan dalam pelaksanaan pembangunan, kami memasang Spanduk Baligho APBDes lebih awal, sejak bulan Mei tahun 2019, juga halini sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Walaupun saat itu anggaran belum cair namun sudah ada pagu yang sudah ditetapkan juga perencanaan pekerjaan, kalaupun nanti diakhir ada perubahan ya gampang, APBDes juga akan dirubah sesuai pelaksanaan nya” jelas Ranita dengan perangkatnya.

Reporter : Ato - Leo
Ket foto : Spanduk APBDes 2019

No comments