Desa Seda Menjadi Sentral Penelitian Panah Merah


PSC. Kuningan – Seraya dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat di Indonesia dalam upaya peningkatan produktifitas di bidang pertanian terutama sayuran dan pengembangan tanaman hias, dengan loncingnya petani-petani milenial yang berada di seluruh Indonesia.

Baru-baru ini kelompok tani “Pajar Wijaya Tani” Desa Seda Kecamatan Mandirancan Kuningan Jabar mendapat kepercayaan dari salah satu perusahaan berada di Purwakarta sebagai kantor pusat yakni mengadakan pelatihan dan penelitian tanaman sayuran dan bunga guna mendongkrak nilai ekonomi yang berdaya guna dan menciptakan tenaga-tenaga petani yang handal milenial di bidangnya sehingga ke depan petani bukan timbul daki (kata sunda) tetapi petani milenial yang berdasi dengan SDM yang mumpuni.

Pak Maryanto sebagai pimpinan lapangan dari Panah Merah saat ditemui di lokasi menyampaikan, pelatihan dan penelitian ini diikuti oleh sekitar 60 orang se-Jawa Bali. Masih kata Maryanto, pelatihan dan penelitian di bidang pertanian ini dilaksanakan di tiga (3) Provinsi Sumatra tepatnya Palembang, makasar dan satunya pulau Jawa yakni di Desa Seda Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan Jabar sebagai penelitian dan percobaan penanaman sayuran, buah-buahan dan bunga diantaranya tanaman sayuran paria, tomat, bonteng dan lain-lain, buah-buahan sejenis melon, semangka dan lain-lain ditambah jenis bunga.

Kiki selaku kordinator kelompok Pajar Wijaya Tani didampingi ketuanya Andri, merasa senang bangga karena kelompoknya menjadi ajang pelatihan dan penelitian dari perusahaan besar Panah Merah yang berkantor di Purwakarta. Kata Kiki, tidak semua kelompok mendapat kepercayaan dari kawasan se-Jawa dan Bali. Kuningan salah satunya mudah-mudahan dengan hal semacam ini kedepan kami dan kelompok-kelompok di Kabupaten Kuningan akan bertumbuh kembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan SDM yang kian maju, apalagi di jaman milenial begini semua berpacu dalam bidangnya utamanya regenerasi anak-anak muda yang punya potensi dan siap mandiri. “Mudah-mudahan dengan pelatihan dan penelitian ini dapat memicu kami untuk lebih maju”, tutur Kiki. 

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan penelitian akan lounching pada hari ini tanggal 4 April 2019 di Desa Sedang yang akan dihadiri direktur dan karyawan Panah Merah se-Jawa Bali dan dinas instansi terkait yang ada di Kabupaten Kuningan.

Penulis : Nana Kumis / Alex 
Editor : Apif Fajar Supriyatna

No comments

Theme images by johnwoodcock. Powered by Blogger.