PROGRAM PAMSIMAS DESA SUKARAJA PATUT DI JADIKAN PERCONTOHAN



PSC, Kuningan - Pentingnya prilaku hidup sehat di masyarakat harus menjadi tanggung jawab kita bersama,kebersihan lingkungan harus benar benar di jaga agar supaya masyarakat terhindar/terjaga tidak terjangkit penyakit dengan kondisi lingkungan yang kotor dan kumuh. Maka dari itu pemerintah menggelontorkan anggaran untuk penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis masyarakat (PAMSIMAS) sebagai program yang di laksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia.Program ini di laksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

PAMSIMAS adalah salah satu program yang di rancang dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Ketua Satlak (Satuan Pelaksana Kegiatan)KKM Tirta Manis Suparno,S.Kom dan masyarakat desa Sukaraja sangat antusias sekali menerima Program PAMSIMAS ini karena mereka/masyarakat desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang Kab Kuningan ini sangat memerlukan air bersih untuk di minum mandi ataupun untuk keperluan mencuci pakaian dan peralatan rumah tangga lainya.

Ketua Satlak bersama masyarakat dengan semangat dan bergotong royong membangun bak penampungan air dari sumur bor untuk kemudian di alirkan ke rumah rumah masyarakat yang belum memasang air PAM karena keterbatasan biaya dan betul betul membutuhkan air bersih untuk di pergunakan sehari hari, melalui pipa pipa yang tersambung dari bak penampungan ke rumah warga.

Ketua Satlak KKM Tirta Manis Suparno berharap program ini terus berlanjut dan berkesinambungan agar masyarakat bisa terus merasakan mampaat program ini dan terutama masyarakat tidak kekurangan air bersih dan terus bisa menjaga kebersihan lingkunganya. BPSPAM (Badan Pengelola Sistem Penyedian Air Minum) pun sudah terbentuk,untuk terus melaksanakan Program PAMSIMAS berkelanjutan.

Saat ini sudah 50 rumah yang sudah merasakan mampaat Program PAMSIMAS ini masyarakat sudah tidak merasa khawatir kekurangan air bersih,karena debet air yang sudah mencukupi. Suparno sebagai Ketua Satlak KKM TIRTA MANIS sangat berharap program ini terus berlanjut dan berkesinambungan dan punya keinginan untuk terus menambah debet air dengan melakukan pengeboran lagi untuk terus di salurkan ke masyarakat bilamana kemarau nanti masyarakat desa Sukaraja tidak kekurangan air bersih lagi,ada lokasi satu titik lagi yang bagus untuk di lakukan pengeboran dan ini memerlukan anggaran biaya lagi semoga desa Sukaraja dapat lagi  Program PAMSIMAS berkelanjutan, pungkasnya pada media ini. (Dadan)

No comments

Theme images by johnwoodcock. Powered by Blogger.