Serunya Debat Publik Cabup beserta Cawabup Kuningan, Mampu Menjawab Semua Pertanyaan - Pewarta Semesta

BREAKING NEWS

Post Top Ad

Wednesday, June 20, 2018

Serunya Debat Publik Cabup beserta Cawabup Kuningan, Mampu Menjawab Semua Pertanyaan

PSC, Kab. Kuningan - Bertempat di GOR Ewangga Kab. Kuningan, telah dilaksanakan kegiatan debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Kuningan, dengan moderator Rita Manohara, dalam kegiatan tersebut dihadiri

(1) Dandim Kuningan. (2) Kapolres Kuningan. (3) Anggota KPU Propinsi Jabar,  Bpk. H Endun, M.Pd. (4) Ketua KPU Kuningan, Hj. Eni Susilowati, SE, MM. (5) Paslon Bupati/Wabup Kuningan nomor urut 01, Toto - Yosa. (6) Paslon Bupati/Wabup Kuningan nomor urut 02, Dudy - Udin. (7) Paslon Bupati/Wabup Kuningan nomor urut 03, Acep - Ridho. (8) Kepala Departemen agama Kab Kuningan, Bpk.Yusron Kholid, S.Ag M.Si. (9) Kadishub Kab Kuningan, DR. Deni Hamdani. (10) Para tokoh Kabupaten Kuningan. serta dihadiri lautan manusia dari berbagai element dan relawan para pendukung paslon. acara dimulai dari pukul 20.30 s.d 23.18 WIB.


Kegiatan dibuka dengan Pembacaan Gema Takbir terpimpin. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Menyanyikan Mars Pilkada terpimpin lalu sambutan-sambutan.

Sambutan Ketua KPU Kuningan Eni Susilowati, SE, MM, menyampaikan, Kegiatan kita hari ini adalah kegiatan Debat Publik, dimana mekanisme pelaksanaan debat diatur merujuk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Petunjuk teknis pelaksanaan debat pasangan calon kepala daerah juga mengacu pada PKPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye.

Lanjut Eni, Debat Publik merupakan salah satu metode kampanye untuk Mensosialisasikan Visi-misi masing-masing Paslon kepada Masyarakat, ini adalah kesempatan bagi Paslon untuk meyakinkan para pemilih sebelum memasuki masa tenang tanggal 24 Juni dan akun media sosial resmi yang dimiliki Paslon yang sudah terdaftar di KPU harus ditutup dan dilarang untuk diaktifkan. Menyampaikan bahwa KPU juga fokus untuk mensukseskan para pemilih dari kalangan Disabilitas di Kabupaten Kuningan yang jumlahnya 3081 orang, juga para pasien yang ada di Puskemas maupun rumah sakit, sehingga mereka bisa memilih tanpa halangan.

Eni menambahkan, "Bagi para pemilih, ini merupakan kesempatan untuk meyakinkan diri dalam memilih pemimpinya melalui visi misi program pembangunan 5 tahun ke depan yang dipaparkanya dalam Debat Publik ini, untuk kegiatan di tiap-tiap TPS maupun tingkatan pelaksanaan tahapan Pilkada, masing-masing Tim Sukses boleh melakukan dokumentasi apapun terkait pelaksanaan kegiatan Pilkada serentak 2018 pada tanggal 27 Juni 2018, ini sebagai bentuk transparansi kami dalam menyelenggarakan kegiatan Pilkada." Tuturnya 19 Juni 2018

Diwaktu yang sama KPU Propinsi Jawa Barat, diwakili oleh Bpk. H Endun, M.Pd dalam sambutannya menuturkan, apa yang dilakukan oleh KPU Kab.Kuningan saat ini, merupakan kegiatan yang telah diamanahkan oleh Undang-undang terkait pelaksanaan Pilkada, KPU Jabar sudah berkomitmen bahwa, Pilakda Serentak 2018, kita jadikan sebagai sarana edukasi dan rekreasi Politik, karena kita sebagai warga Jawa Barat adalah warga yang silih asah silih asih dan silih asuh, pilihan boleh berbeda tapi persaudaraan jangan diabaikan.

" Apa yang disampaikan oleh para Paslon nanti, merupakan referensi bagi para pemilih untuk menentukan pilihannya pada tanggal 27 Juni nanti, sehingga para pemilih harus mencermati dengan baik visi misi maupun rencana program - program pembangunan yang akan dijalankan selama 5 tahun masa kepemimpinanya." Ucapnya

Dalam kegiatan Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Kuningan dipandu langsung oleh Moderator Rita Manohara, diawali menampilkan Slide Profil masing-masing Paslon Cabup/Cawabup menyampaian Visi-Misi Paslon durasi waktu selama 2 menit, dan secara bergiliran setiap Paslon menyampaikan Visi-misinya masing-masing

Yang pertama Toto Taufikurohman Kosim Paslon dengan No Urut 01 menyampaikan bahwa Potensi daerah harus dieksplorasi terwujudnya Kuningan yang sehat nyaman, membangun infrastruktur yang konfrehensip, meningkatkan SDM yang berbudi luhur, meningkatkan kualitas

Kedua dilanjutkan oleh Dudy Pamuji Paslon No Urut 02 menyampaikan bahwa 10 tahun sudah kab.Kuningan telah melaksanakan pemerintahan yang demokratis, ada yang kita Apresiasi ada juga yang perlu kita perbaiki, terutama angka kemiskinan 13,59 % angka pengangguran 7,49% dan angka kesenjangan sosial 0.34 %, akan menjadikan Kuningan menjadi Agro Wisata terbesar di Jawa Barat.

Dan terakhir Acep Purnama menyampaikan dakan membangun tata kelola Kab.Kuningan NU Sajati, mewujudkan kawasan pedesaan yang agamis pinunjul berbasis Desa.


Rita Manohara selaku Moderator bertanya bagaimana strategi setiap Paslon mewujudkan Misi membangun SDM

Toto menjawab, akan memberikan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat Kab.Kuningan  yang SDM nya masih dibawah rata-rata.

Berbeda dengan jawaban Acep bahwa tidak sepakat jika di wilayah Kab.Kuningan SDM di bawah rata-rata karena banyak warga Kab. Kuningan yang menjadi orang sukses.

Pertanyaan dari Moderator berikutnya, bagaimana upaya untuk meningkatkan mutu Pertanian.

Udin menjawab, akan meningkatkan produktifitas pertanian dengan diawali Memotivasi Masyarakat agar mau dan tidak malu menjadi petani sehingga generasi muda pun bisa berhasil menjadi petani.

Pertanyaan dari Moderator, bagaimana untuk memadukan Kuningan yang agamis dan pariwisata, sedangkan kegiatan pariwisata identik dengan kegiatan amoral

Dudy menjawab, akan membangun tempat-tempat ibadah di setiap lokasi objek wisata dan meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Diniah untuk menanamkan dokrin agama yang kuat.

Acep menjawab, tidak setuju jika Pariwisata identik dengan kegiatan Amoral, karena objek wisata di Kab. Kuningan merupakan Objek Wisata Konservatif.

Toto menjawab, akan mengeksplorasi kembali Objek Wisata religi dan memberikan waktu operasi bagi beberapa kegiatan wisata yang ada di Wilayah Kab. Kuningan.

Pertanyaan dari Moderator, bagaimana dalam meningkatkan Pendapatan Daerah dan penggunaan dana yang bersih dari Korupsi.

Toto menyampaikan bahwa kami akan menarik Investor untuk mau berinvestasi di Wilayah Kab. Kuningan, dan membentuk karakter pemerintah yang berakhlakul Karimah.

Dudy menyampaikan bahwa Untuk meningkatkan PAD harus dengan langkah kongkrit, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kuningan, mendorong kemajuan sektor pertanian maupun pariwisata 

Acep menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan PAD, melalui BUMD-BUMD yang kita miliki, kita akan lebih mengeksploitasinya kembali, dengan membuat regulasi kembali kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk saling menguntungkan.

Pertanyakan dari Paslon No urut 02 kepada Paslon No urut 01 dan Paslon No urut 03, petani sekarang banyak yang mengeluh hasil panen sekarang turun drastis. Bagaimana cara mengatasinya

Acep menjelaskan, pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu para petani dalam meningkatkan mutu hasil panenya dengan banyak bantuan - bantuan.

Toto juga menjelaskan, kita akan memberikan penyuluhan-penyuluhan pertanian untuk para petani dan bersinergi dengan pemerintah Pusat dalam memberikan bantuan bagi para petani baik berupa Pupuk, dsb.

Pertanyaan dari Moderator untuk Paslon No urut 01, bagaimana upaya untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat

Jawaban dari Paslon No urut 01 akan memberdayakan lagi fungsi BPJS dan memberikan susu gratis bagi ibu dan anak.

Pertanyaan dari Moderator untuk Paslon 02, bagiamana upaya dalam meningkatkan Pendapatan masyarakat pada sektor pertanian dan pariwisata

Jawaban dari Paslon No urut 02 Kami akan mempermudah perizinan-perizinan, lalu meningkatkan minat baca masyarakat dan memberikan penyuluhan pertanian dan bantuan modal

Pertanyaan dari Moderator untuk Paslon No urut 03, strategi apa yang akan dilakukan dalam Mengintegrasikan kearifan lokal di Kab Kuningan

Dijawab oleh Paslob No urut 03, sudah berbuat selama memimpin Kab. Kuningan, dengan telah mengeluarkan Perda dalam melestarikan bahasa dan budaya juga telah membangun area Pariwisata lokal yang Konservatif dan telah melestarikan situs-situs yang ada di Kab. Kuningan.


Setelah pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan Mederator dilanjutkan dengan penyampaian Janji Kampanye masing-masing Paslon. Adapun penampilan Kreasi kesenian dari masing-masing simpatisan Paslon yaitu Paslon 01 Membaca puisi diiringi Solawat. dan Paslon 02 Menampilkan Parodi anti korupsi. Lalu Paslon 03 membaca puisi diiringi lagu gebyar-gebyar dan Kegiatan debat publik selesai dalam keadaan aman serta Kondusif. (Am/Red)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

loading...