Minim Pengawasan Balai, Pekerjaan Jalan Ciawigebang-Jalaksana Diduga Dikerjakan Asal - Pewarta Semesta

BREAKING NEWS

Post Top Ad

Wednesday, June 6, 2018

Minim Pengawasan Balai, Pekerjaan Jalan Ciawigebang-Jalaksana Diduga Dikerjakan Asal

PSC, Kuningan - Pekerjaan perbaikan ruas jalan Ciawigebang-Jalaksana menjadi sorotan beberapa pihak. Menurut salah seorang pensiunan dinas bina marga, pekerjaan pemerintah mempunyai standar yang baku dan jelas serta memperhatikan kualitas.

Standar dan tekhnis pekerjaan tertuang dalam rencana anggaran dan biaya serta gambar pekerjaan. Namun, yang terjadi pada pekerjaan perbaikan jalan ruas Ciawigebang-Jalaksana, menurutnya, kuat dugaan beberapa pekerjaan keluar dari spek pekerjaan.

"Coba kang diawasi pekerjaan jalan ciawi-jalaksana, punya provinsi. Kita sebagai masyarakat berhak mengawasi kan kang," ucapnya melalui telpon selular.

"Saya menduga ada pekerjaan yang tidak sesuai. Lihat pekerjaan TPT yang di Pangkalan, lebarnya dari bawah sampai atas masa sama 40 centi. Biasanya pasangan bawah kan lebih lebar, minimal 60 centi dan pake peki atau sepatu. Inimah tidak," terangnya.


Kalau bisa, lanjutnya, lihat juga kedalaman pasangan sesuai tidak dengan gambar. Kemudian, imbuh Ia, pekerjaan flecing jalan juga sudah sebagian dikerjakan oleh dinas. "Awasi kang, pekerjaan bobokan seperti kurang dalam dan agregat seperti tidak di stemper," bebernya.

Sementara, dari keterangan Iding  pelaksana pekerjaan yang hanya bisa dihubungi melalui telpon selularnya, mengatakan dirinya hanya sebagai pe-ngesub pekerjaan. "Saya hanya ngesub pekerjaan TPT dan pasangan di beberapa titik. Yang lebih tahu adalah orang perusahaan PT Fauzan dari Garut," ucapnya.

"Saya juga lagi nunggu mereka. Perencanaan pekerjaan kurang matang, ada FE. Jadi pekerjaan telat dikerjakan," imbuh Iding.


Sedangkan dari Balai pengelolaan jalan provinsi wilayah pelayanan V, saat disampaikan persoalan tersebut, menegaskan baru mengetahui. "Kami baru mengetahui, nanti kita cek. Karena tekhnis pengawasan ada di konsultan," terang Yudi tim direksi pembangunan balai pengelolaan jalan wilayah pelayanan V mewakili kepala seksi pembangunan Lili selaku PPTK.

Yudi mengaku baru satu kali melihat pekerjaan saat survey. Karena pengawasan pekerjaan ada dibagian lain. "Saya kesana waktu survey, kalo pengawasan disini ada di bagian direksi pa Ajat," imbuh Yudi di kantornya, Selasa (5/6).


Diterangkan Yudi, untuk Kabupaten Kuningan pekerjaan jalan ada dua paket. Ruas jalan Ciawigebang-Jalaksana dan Ciawigebang-Waled. "Untuk Ciawigebang Jalaksana nilai kontraknya 7,3 miliar dengan pemenang kegiatan PT Fauzan dari Garut," papar Yudi.

"Kalau terkait perencanaan yang tidak matang, saya sangkal, salah itu yang disampaikan iding. Nanti kami klarifikasi, begitupun untuk pekerjaan disubkan kita akan minta kejelasan," pungkasnya. (Baim)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

loading...