Aktivis Kemanusiaan Sekaligus Ketua Umum SIGAB Bunayah Menyesalkan Kejadian Meninggalnya Wartawan Dalam Penjara


PSC, Jakarta- Menyimak dan menyikapi viralnya kematian wartawan sinar pagi baru M.Yusuf saya selaku aktivis kemanusiaan dan juga ketua umum SIGAB (Sosialisasi Indonesia Garda Anak Banhsa) turut prihatin.Ujarnya saat mengawali wawancara dengan media kami.

Kriminalisasi di kalangan wartawan sudah dianggap suatu kewajaran oleh beberapa pihak yang benci atas kinerja wartawan namun menurut pernyataan sikap yang kami tanyakan kepada Bunayah selaku aktivis kemanusiaan bahwa kriminalisasi dikalangan wartawan adalah kegagalan dari sebuah sistem hukum dan mundurnya SDM di kalangan penegak hukum serta buruknya sistem di dewan pers selaku lembaga negara yang mengatur kebijakan organisasi pers,perusahaan pers serta penerapan kode etik wartawan.

Namun sangat disayangkan bahwa kematian M.Yusuf adalah sebuah akibat dari adanya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh dewan pers yang gagal paham menyikapi persoalan hukum di kalangan wartawan dan terkesan sangat mengabaikan keberadaan UU Pers No 40 tahun 1999.

Saya berharap segera di usut tuntas kematian M.Yusuf wartawan yang meninggal di dalam tahanan kota baru Kalimantan Selatan.Pungkasnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar