Breaking News

Irigasi Desa Wanayasa Terbantu Anggaran BBWS

PSC, Cirebon - ketersediaan air bagi lahan pertanian menjadi kebutuhan yang sangat vital. Tentunya, demi menjamin kelancaran kebutuhan itu, infrastruktur irigasi yang bagus menjadi hal yang tidak bisa ditawar.

Dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung melalui kemitraan dengan kelompok tani menggelontorkan bantuan pembangunan saluran irigasi sekunder.


Salah satu penerima anggaran kelompok mitra cai Surya Nenggala Desa Wanayasa Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.

Dikatakan ketua kelompok, Nandar Hidayat (32). Mitra cai Surya Nenggala menerima alokasi anggaran 195 juta. "Dari BBWS anggaran 195 juta untuk perbaikan saluran irigasi blok hulu Dayeuh sepanjang 436 meter," terang ketua didampingi bendahara Suyanto di saung mitra cai, Rabu (16/5).

Menurut Nandar, bantuan perbaikan irigasi kelompok mitra cai Surya Nenggala merupakan bantuan yang kedua kalinya. "Tahun ini merupakan bantuan yang kedua. Yang pertama tahun 2011. Alhamdulillah sukses, tahun inipun kami berupaya maksimal dan menomor satukan kualitas pekerjaan," tambahnya.


Irigasi Hulu Dayeuh, dikatakan Nandar untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian seluas 10 hektar lebih. "Kurang lebih sepuluh hektar luas tanah pertanian yang di airi saluran irigasi ini," ucapnya.

"Hasil pertanian yang dominan padi, ubi jalar dan bengkuang," tambah Nandar yang diamini Anto.

Nandar berharap, dengan perbaikan saluran. Air yang mengalir dari Setu Cipurut, Bojong dapat mengalir dengan maksimal dan bisa memenuhi kebutuhan para petani.

"Terimakasih kepada BBWS. Dan saya berharap kemitraan terus berkesinambungan, sehingga satu kilo meter lagi saluran yang harus diperbaiki bisa secepatnya terealisasi," pintanya. (Baim)

No comments