Ikut Lomba Desa, Pembangunan Desa Cikadu Kian Terlecut

PSC. Kuningan, - Kegiatan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Kuningan di Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang berjalan lancar. Kegiatan yang dimulai dari jam 9 pagi dihadiri pejabat  dari tim penilai perlombaan desa yang dipimpin Assisten Pemerintahan Drs H Maman Hermansyah, MSi dan Kepala Dinas Pemerintahahan dan Masyarakat Desa Drs Deniawan, MSi serta segenap tim penilai.

Tim penilai yang disambut Kepala Desa Cikadu, Aan Seniaga, SP dengan pengalungan bunga didampingi oleh pelaksana tugas camat Kecamatan Nusaherang Drs Anwar beserta unsur muspika Kecamatan.

Dalam paparanya, Kepala Desa Cikadu menegaskan indeks peningkatan pada berbagai bidang, diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, keamanan, sosial, agama dan insfrastruktur.


Dikatakan kades, angka melanjutkan pendidikan pada program wajib belajar sudah terpenuhi secara utuh. Angka putus sekolah pada tahun 2017 menjadi nol persen.

"Angka melanjutkan sekolah sangat signifikan, kultur dan animo masyarakat dalam pendidikan berdampak pada nihilnya angka putus sekolah," papar Aan (22/3).

Sarana pendidikan di Desa Cikadu dikatakan Aan, untuk jenjang sekolah dasar tersedia 3 sekolah. Sekolah Pendidikan Usia Dini 1 unit, untuk TK 1 unit serta pendidikan keagamaan ada 2 pesantren.

"Sementara untuk bidang keamanan, sistem keamanan lingkungan (siskamling) terus digalakan. Alhamdulilah berbagai potensi kriminal, narkoba, pertikaian antar masyarakat bisa diminimalisir," ucap kades.

Dikatakan Aan, Bidang kesehatan mendapat perhatian dengan melibatkan peran besar PKK. Indikator keberhasilan diantaranya angka harapan hidup bayi sangat tinggi mencapai 100 persen. Begitupun untuk gizi buruk tidak diketemukan kasus yang ada.

"Alhamdullilah bidang kesehatan tidak diketemukan bayi meninggal maupun bergizi buruk. Bahkan tingkat partisipasi kegiatan imunisasi sangat tinggi," paparnya.

Aan berharap partisipasi Desa Cikadu dalam perlombaan Desa tingkat kabupaten bisa lebih meningkatkan pembangunan menuju Desa Cikadu yang lebih maju dan sejahtera.

Sementara itu, Ketua Tim penilai perlombaan desa tingkat Kabupaten Kuningan, Drs H Maman Hermansyah MSi dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang tinggi dari Plt Bupati Kabupaten Kuningan, atas partisipasi Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang pada lomba desa tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2018.

Desa Cikadu yang menjadi juara lomba tingkat Kecamatan Nusaherang pada lomba desa tingkat kabupaten bersaing dengan 5 desa, diantaranya padamatang, bojong, manis kidul  pajawan lor. 

Bagi pemenang perlombaan dikatakan Maman akan memperoleh rewads dari pemerintah kabupaten kuningan dan diikut sertakan pada lomba desa tingkat Provinsi. (Baim/Red)

No comments

Theme images by johnwoodcock. Powered by Blogger.