PPWI Media Network Bentuk Nyata Pekerja Media Massa di PPWI, Inilah Media-media yang Tergabung Didalamnya - Pewarta Semesta

BREAKING NEWS

Post Top Ad

Tuesday, February 6, 2018

PPWI Media Network Bentuk Nyata Pekerja Media Massa di PPWI, Inilah Media-media yang Tergabung Didalamnya

PSC, Jakarta - PPWI Media Network adalah bentuk nyata silahturahmi para pekerja media massa di PPWI dalam rangka meningkatkan kemampuan atau daya upaya masing-masing anggotanya dalam melakukan fungsinya menyajikan informasi bagi warga menuju komunitas masyarakat Indonesia yang cerdas informasi. Beberapa point mendasar yang perlu dipahami kawan-kawan PPWI maupun masyarakat umum, sebagai berikut, Kunci sukses kehidupan manusia di dunia maupun di alam sana adalah silahturahmi.  Demikianlah setiap agama dan kepercayaan mengajarkan kepada manusia, dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun. Jalan menuju silahturahmi antar sesama manusia adalah melalui hubungan komunikasi satu dengan lainnya. 

Tanpa komunikasi, mustahil kita bisa saling mengenal satu dengan lainnya. Dalam konteks hidup bermasyarakat, hubungan komunikasi antar individu dan komunitas warga dalam jumlah yang besar, diperlukan sistem berkomunikasi yang kita kenal dengan istilah jurnalisme atau kewartawanan. Sistim jurnalisme dapat berjalan memanfaatkan perangkat atau sarana tertentu yang kita kenal sebagai media massa. Fungsi hakiki media massa dan publikasi setiap informasi yang ingin disampaikan kepada publik adalah menjadikan setiap warga mengetahui tentang sesuatu hal (yang diberitakan) dan menjadikan yang bersangkutan mampu mengambil sikap yang baik dan benar, serta bermanfaat bagi dirinya, keluarganya, dan masyarakat di lingkungannya. 

Dalam rangka menjalankan fungsinya dengan baik demi mencapai visinya "mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas informasi” , setiap aktivis media massa di organisasi PPWI perlu meningkatkan daya upayanya, di berbagai bidang, antara lain: daya juang, daya tekan, daya manusia, daya alam, daya finansial, daya negosiasi, dan daya-daya lainnya. Berdasarkan prinsip silahturahmi pada point pertama di atas, maka jejaring (networking) sebagai wujud nyata silahturahmi, adalah sebuah cara terbaik, mudah, dan murah, serta masif tidak terbatas, dalam menggalang daya upaya kita saat ini dan di masa depan. Nada diatas diungkapkan Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA Selaku Ketum PPWI juga alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012.


PPWI Media Network, lanjut Wilson, Tujuan utamanya adalah sebagai wadah berbagi berita, artikel, informasi dan sejenisnya, baik berita tulis maupun audio-visual, di antara sesama pimpinan media, yang dapat saja ditayangkan bersama di media masing-masing. khusus bagi para pemilik dan/atau pimpinan media-media yang tergabung dalam jaringan PPWI.

Dikatakan Wilson, untuk itu informasi atau postingan di grup Redaksi PPWI Media Network ini hanyalah berita/informasi yang semaksimal mungkin sudah diverifikasi kebenaran dan kevalidannya, ditulis atau disajikan dalam bentuk artikel layak tayang, memenuhi unsur 5W+1H, jelas narasumbernya, dan dapat dipertanggungjawabkan. Secara teknis, postingan dapat berbentuk: (1).Press release dan foto/image (bila ada); (2). Berita dan foto/image (bila ada) siap tayang/publikasi; (3). Link berita beserta isi berita di link tersebut, juga beserta foto/image (bila ada); (4). Hal-hal lain terkait pembetulan, penambahan/update dan/atau klarifikasi berita yg sudah ditayangkan bersama; (5). Pembelajaran jurnalistik bagi sesama pimpinan media dalam rangka peningkatan pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan bermedia dan publikasi. Adapun PPWI Media Network yaitu


2. Aceh Selatan News, acehselatan.com
3. DRadioqu, dradioqu.com
4. Beritanasional.id, wajoterkini.com, wajosatu.com, polewaliterkini.com
5. Aceh NET, netatjeh.info
6. Atjehlink.com
7. Sketsanusantara.com
10. Kalimantanpers.co.id
11. Koran Progresif, www.bedanews.com, www.ekpos.com
15. Media KPK, www.indikasinews.com
17. Tabloidlugas.com, mafaza-online.com, merakyat.com, mediaprofesi.com, generasiindonesia.co
19. Tribratanews.polri.go.id dan polresta.jambi.polri.go.id
21. IndonesiaMediaCenter.com
22. pewarta-madiun.blogspot.com    pewarna-madiun.net, Pewarta (cetak)
23. KOPI Kalsel versi Fb/ichal iloenx
27. rankannauli.com
32. Media Wawasan (cetak) dan online www.mediawawasan.com
36. www.paradigmabangsa.com
37. Media Online Koran Inspirasi Rakyat (KoIn Rakyat) dengan website www.koinrakyat.com
38. www.pewarta-tambora.com www.newsgemajakarta.com
52. skrinews.com
53. suarakpk.com
54. jatengonlen.com
55. jurnal34news.com
59. AtjehUpdate.com
61. infonusantara.net
62. Dan Lain-lainnya

“Kawan-kawan bisa mengusulkan rekan HANYA pemilik dan/atau pimpinan media lainnya yang mungkin sahabatnya atau jaringan dekat di dunia media dan publikasi untuk dimasukkan ke dalam grup ini.” Papar Wilson yang juga merupakan trainer jurnalistik warga bagi ribuan anggota TNI/Polri, PNS, guru, siswa/mahasiswa, hingga wartawan, LSM, karang taruna, dan kalangan lainnya. (Afs82)



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

loading...