Patut Diduga Dana Bantuan APBN Untuk LKP Mira Dan LKP  Extragama Tidak Disalurkan

Pewartasemesta.com, Kuningan - Lembaga kursus dan pelatihan LKP Mira yang beralamat di Kelurahan Cijoho dan LKP Extragama yang beralamat di Kelurahan Winduhaji di duga dalam kegiatanya bodong tidak ada pelatihan padahal kedua lembaga LKP ini mendapati bantuan dari anggaran APBN pusat dengan masing masing nilai untuk LKP Mira yang beralamat di jalan raya Siliwangi No 253 lingkungan Dago Kabupaten Kuningan Rp. 67.500 000 rupiah dengan No nilek 02111.4.1.0056/35/65/67/68  dalam kegiatan PKW pendidikan kecakapan Wirausaha di bidang tata kecantikan. Sementara untuk  LKP Extragama yang beralamat jalan Raya Winduhaji lingkungan Ciweri Rt 006/Rw 006 Kuningan Rp. 54 000 000 rupiah dengan no nilek 02111.4.1.0009/31/02 pendidikan kecakapan di bidang digital marketing. Ucap salah satu narasumber.


Ditemui pihak media, Heri selaku pemilik rumah di Kelurahan Winduhaji terkait LKP Ektragama hanya dipinjam rumahnya saja serta dipangpang plang nama lembaga Lkp Ektragama. Dikatakan Heri, LKP Extragama pemiliknya yaitu  Pajar asal pasapen dan walaupun LKP Extragama  berada di tempatnya di kelurahan winduhaji itu hanya pinjam tempat saja sementara dalam satu tahun 2017 di akui Heri sampai  tanggal 05/10/2017 tidak pernah ada kegiatan pelatihan  apalagi soal bantuan tidak tahu apa apa.

Ditempat terpisah media ini mengunjungi Lembaga LKP Mira yang beralamat di Kelurahan Cijoho yaitu Euis sebagai yang menempati rumah dan ketua peyelenggara . Euis menjelaskan, dirinya tidak tahu apa apa rumah tinggalnya hanya ke titipan barang serta plang papan nama LKP Mira saja karena yang mengelola LKP Mira saudara Mamah yang bertempat tinggal di Kota Cirebon masih kerabat dan saudara. Jelasnya.

Dinas Pendidikan Kab. Kuningan bidang FNPI melalui Luki selaku Kasi Dikmas menjelaskan pihak dinas tidak tahu jelas kalau ada bantuan untuk LKP Mira dan LKP Extragama. Menurutnya, itu bantuan langsung dari Kementrian pusat dan untuk pemberitahuan ke Dinas Pendidikan untuk bantuam LKP-LKP yang anggaranya dari APBN sama sekali tidak ada. Tutur Luki

Anggota team investigasi LSM Penjara Cabang Kab. Kuningan Hendra memberikan komentar, Kejanggalan kejanggalan terkait Lembaga kursus dan pelatihan LKP Mira dan LKP Extragama yang mendapati bantuan dari APBN pusat untuk program kecakapan wirausaha di duga bodong di sinyalir bentuk kegiatanya tidak ada masalahnya masing masing peyelenggara LKP Mira yaitu Mamah dan LKP Extragama pajar tidak mau komperatif dengan pihak media juga LSM. Tidak mau transparan dalam memberikan informasi bahkan terkesan menghindar  tidak mau di temui. "ini bisa di bilang aneh juga program pemerintah pusat dinas daerah sampai tidak tahu padahal dalam juklak juknis tupoksi kewenangan dinas di daerah jelas tertuang dalam aturanya. 

Hendra juga memberikan komentar pedas terhadap pihak Dinas dan LKP. Menurut hendra, "ini perlu di sikapi pihak penegak hukum jangan sampai di biarkan karena ini bisa terjadi diduga kongkalingkong antara pihak dinas dan lembaga penerima bantuan  sementara sudah jelas menurut para pemilik rumah tidak tahu apa-apa akan tetapi alamat lembaga penerima bantuan di rumah dan alamat yang jelas dan terus yang bermainya ini siapa ? mestinya kalau memang kegiatan yang bersumber dari bantuan ini di laksanakan dan peserta siswa nya ada dan pihak peyelenggara tidak usah terselubung harus transparan dengan media dan Lsm, "jelas ini menjadi pertanyaan dan harus ada tindak lanjut oleh pihak yang berwenang jangan sampai negara ini nanti yang di rugikan" jelasnya. 

(ujang jenggo)

Posting Komentar

0 Komentar